Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Jumat, 26 Maret 2010

Progres ASEAN Economic Integration 2015 Capai 85%


ASEAN sejauh ini sudah membukukan skor kemajuan sebesar 85% pembentukan ASEAN Economic Community berdasarkan perhitungan kuantitatif "Scorecard" yang mengukur kemajuan pembentukan integrasi ekonomi Asean yang ditargetkan berlangsung pada tahun 2015 mendatang.




Sekalipun capaian "Scorecard" tak mencapai 100% namun Asean berhasil mencapai 85%, ungkap Menteri Industri & Perdagangan Internasional Mustapa Mohamed beberapa waktu lalu sebagaimana dilansir People.com.cn dalam kesimpulan yang dibuat dalam Retreat ASEAN Economic Ministries (AEM) yang ke-16.

Mengacu kepada laporan terdahulu, para pejabat ASEAN menyatakan capaiannya baru mencapai 72%. Mustapa saat itu menyatakan ada kemajuan yang dicapai Asean dalam beberapa minggu terakhir, dan nampaknya tak akan ada kendala-kendala besar dan kegagalan untuk mencapai tujuan penciptaan integrasi ekonomi Asean.

Seluruh negara anggota Asean fokus kepada peran sentral ASEAN dan cara-cara yang dapat digunakan untuk mempromosikan ASEAN sebagai sebuah entitas tunggal, utamanya dalam memfasilitasi perdagangan dan investasi di kawasan ini. Mustapa menekankan pentingnya seluruh negara anggota ASEAN untuk mengikuti dan melaksanakan komitmen setiap negara sepenuhnya sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.


juga menyerukan kepada semua negara anggota ASEAN untuk mengadopsi peraturan-peraturan perdagangan baru, dimana masih ada kecenderungan pembatasan perdagangan sektor swasta sementara ASEAN pun mengusulkan kepada para menteri ASEAN untuk membentuk mekanisme perdagangan yang lebih terstruktural dan mediskusikan hambatan-hambatan non tarif.


ASEAN harus meningkatkan upaya dialog dengan mitra-mitra ASEAN yaitu; China, Korea Selatan, Jepang, India,Australia dan Selendia Baru untuk memperkokoh hubungan dagang. Hasil The 16th AEM Retreat yang disepakati oleh 10 negara anggota ASEAN akan dibawa ke ASEAN Economic Ministers Meeting ke-42 di Vietnam pada Agustus 2010 mendatang.

(People.com.cn | Martin Simamora)




Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget