Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Rabu, 07 April 2010

STORK Program Raksasa Data Base Penduduk & Integrasi Uni Eropa Yang Jenius


Uni Eropa sebagai sebuah entitas yang supra nasional yang meleburkan atau mengintegrasikan 12 negara anggotanya kini sedang menjalani tahapan yang paling krusial dalam mengimplementasikan sebuah jaringan raksasa yang sangat cerdas : Secure identity across boRders linked atau STORK. Belum lama ini e-Forum menjadi tuan rumah dan terlibat dalam pertemuan di Brussels membahas persiapan pelaksanaan uji coba dalam kapasitas penuh yang ditargetkan rampung pada 2011. Stork adalah landasan dasar bagi Uni Eropa untuk melakukan integrasi total semua e-Service
negara-negara anggotanya.


STORK electronic identity project bekerjasama dengan e-Forum pada 24 Maret 2010 lalu menyelenggarakan diskusi yang membicarakan berbagai proyek STORK yang masih harus diselesaikan. STORK (Secure idenTity acrOss boRders linKed) merupakan inisiatif berjangka waktu tiga tahun yang akan memungkinkan semua lapisan masyarakat; warga dan pebisnis EU serta seluruh pegawai pemerintah EU dapat menggunakan kartu tanda penduduk elektronik di semua negara anggota EU layaknya di negara sendiri.


Teknologi dan sistem STORK akan menciptakan penyederhanaan kebutuhan administrasi formal dengan pelaksanaan administrasi yang sepenuhnya berlangsung melalui sebuah akses online terproteksi ke semua pelayanan publik di seluruh negara anggota Uni Eropa. STORK secara teknologi meruntuhkan atau melenyapkan semua perbedaan administrasi di masing-masing negara anggota Uni Eropa atau dengan kata lain STORK menjadikan administrasi identitas kependudukan tidak lagi mengenal perbatasan suatu negara.

Uni Eropa bersiap menjalankan lima proyek percontohan untuk mendemonstrasikan dan menguji kinerja STORK, menguji eID Framework, arsitektur STORK dan semua spesifikasi umum akan mulai memasuki tahap uji berskala penuh pada pertengahan 2010 dan berlangsung selama 12 bulan.

STORK adalah program inovatif dan kompetitif yang dibiayai oleh Europena Union yang akan menciptakan EU wide interoperable system untuk kepentingan identifikasi Kartu Identitas Penduduk dan pelaksanaan otentifikasi yang memungkinkan Kartu Identitas sebagai alat bisnis.

Sistem Interoperabilitas Luas Uni Eropa akan memungkinkan semua warga masyarakat dan pegawai pemerintah Uni Eropa menggunakan kartu tanda penduduk elektronik miliknya di negara anggota Uni Eropa manapun layaknya di negara sendiri.

STORK tak hanya merevolusi fungsi kartu tanda penduduk elektronik menjadi kartu identitas yang berfungsi penuh di negara manapun (anggota Uni Eropa) layaknya di negara sendiri tetapi juga menjadi proyek percontohan layanan-layanan identitas e-Government di perbatasan, membuat Uni Eropa dapat memetik banyak hal dari penerapannya, bagaimana layanan e-Government lintas negara dapat dilaksanakan, serta mengenali apa saja keuntungan-keuntungan yang tercipta dan apa saja tantangan-tantangan yang dihadapi dalam menerapkan EU wide interoperability system dalam identifikasi kartu tanda penduduk elektronik.


Solusi interoperabilitas STORK untuk Kartu Tanda Penduduk Elektronik didasarkan pada sebuah arsitektur terdistribusi yang akan menjadi landasan menuju integrasi total semua layanan elektronik atau e-Services, dengan tetap mengakui keragaman spesifikasi dan infrastruktur yang saat ini ada dan digunakan oleh masing-masing negara anggota Uni Eropa.


Solusi STORK dirancang dan dihadirkan untuk memiliki keunggulan, transparan, aman digunakan dan memiliki daya skalabiltas yang baik atau sistemnya memiliki kemampuan menghadapi lonjakan beban kerja di waktu mendatang.

Mendemonstrasikan semua keunggulan tersebut maka kinerjanya diuji melalui 5 proyek percontohan.Proyek percontohan tersebut akan:

+ Menciptakan peraturan-peraturan dan spesifikasi-spesifikasi umum untuk mendukung saling mengakui Kartu Tanda Penduduk Elektronik di seluruh negara anggota Eropa dan lintas perbatasan negara.

+ Menguji sistem dalam semua lingkungan yang nyata dalam penggunaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik secara aktual, dan solusi-solusi e-ID yang dirancang mudah digunakan baik oleh masyarakat umum dan bisnis,

+ Berinteraksi dengan berbagai inisiatif Uni Eropa lainnya untuk mengoptimalkan penggunaan layanan-layanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik.



Proyek percontohan juga akan menguji dan mengimplementasikannya dengan layanan-layanan lainnya di sejumlah negara anggota Uni Eropa, yang akan memiliki dampak potensial yang signifikan dan memiliki tingkat keamanan yang memadai dengan cara menggunakan open standard sejauh memungkinkan dan menghormati semua regulasi yang mengatur perlindungan data. Proyek percontohan akan menguji spesifikasi umum pada beberapa aplikasi KTP Elektronik yang menjadi bagian penting implementasi e-Government di seluruh negara Uni Eropa :

+ Sebuah demonstrasi yang memperlihatkan bahwa layanan-layanan elektronik lintas negara dapat dioperasikan di sejumlah negara anggota Uni Eropa. Aplikasi-aplikasi yang sudah ada dan mendukung adalah; help.gv.at dari Austria, eesti.ee dari Estonia, mein-service-BW dari Jerman, portaldocidadao.pt dari Portugal, Inggris, portal regional di Catalonia, Spanyol dan limosa.be dari Belgia.


+ Standar keamanan pada proyek percontohan akan menghasilkan sebuah landasan terciptanya sebuah lingkungan online yang lebih aman dimana masyarakat dapat berkomunikasi secara online dengan menggunakan Kartu Identitas Elektronik miliknya dan mendemonstrasikan bagaiman penggunaannya dalam sebuah proyek percontohan yang komprehensif.


+ Proyek percontohan eID Student Mobility akan memfasilitasi mobilitas atau perpindahan para pelajar di seluruh negara anggota Uni Eropa dari satu universitas ke universitas lainnya dalam waktu yang sangat singkat. Ini akan memungkin para pelajar asing memiliki akses ke berbagai layanan administrasi oline manapun yang disediakan oleh sebuah universitas tertentu hanya dengan menggunakan kartu identitas elektronik miliknya sebagai intrumen identifikasi elektronik atau untuk berbagai tujuan e-Signature.


+ Proyek percontohan pelaksanaan Kartu Identitas Elektronik akan mendemonstrasikan pelayanan elektronik lintas batas negara menggunakan infrastruktur yang ada di masing-masing negara. Pelayanan ini sangat penting bagi keberhasilan e-Government pada pelaksanaan berbagai proses transaksional secara elektronik dan diantaranya juga dibutuhkan oleh Service Directive untuk dapat mentransaksikan semua prosedur administrasi secara elektronik.


+ Proyek Percontohan Perubahan alamat semua warga Uni Eropa akan menguji kegunaan Otentifikasi Identitas elektronik untuk mendukung proses perubahan alamat warga Uni Eropa secara elektronik yang disebabkan perpindahan ke negara lain anggota Uni Eropa. Layanan ini akan memberikan dampak yang besar terhadap mobilitas penduduk dan telah ditetapkan sebagai salah satu dari 20 layanan dasar di dalam i2010 eGOV Action Plan yang diusung oleh Komisi Uni Eropa.



(eu-forum | Martin Simamora)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget