Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 02 Maret 2010

Korea Selatan Sambut Peserta KTT G20 Dengan e-Government yang Terunggul


Tahun 2010 menjadi tahun yang sangat istimewa bagi Korea Selatan salah satu Macan Asia yang tetap mengaum dengan nyaring ditengah- tengah pemulihan krisis ekonomi dan finansial global, sebab PBB baru saja menempatkan negeri ini sebagai yang terbaik dalam implementasi e-Government melampui kerja baik negara-negara utama; AS, Inggris, Denmark dan Jepang. Satu modal besar bagi Korea sebagai tuan rumah KTT G20, semua akan menikmati e-Government terunggul.

Media online lokal Korea.net bahkan menyebutnya sebagai auman di Tahun Harimau Putih. Penilaian dan survei pemeringkatan e-Government PBB kali ini memang berfokus dan berperspektif masyarakat dan Korea Selatan sangat unggul, tercermin dari betapa mudahnya masyarakat menggunakan dan memanfaatkan website pemerintah.

Website milik pemerintah memperagakan berbagai metoda yang efisien dalam menerima berbagai keluhan masyarakat, demikian juga ruang partisipasi masyarakat dalam proses pembuatan kebijakan melalui e-Participation terbuka dengan sangat baik
.


Korea Selatan untuk kali pertama mendapatkan skor sempurna, dan penghargaan ini memang layak dan ada banyak argumen yang dapat dimunculkan, tetapi yang terutama karena Korea Selatan mampu membangun e-Government yang mengahsilkan berbagai layanan publik yang berorinetasi pada pemenuhan keingin masyarakat untuk dapat merasakan pelayanan publik yang menyenangkan hati dan menguntungkan masyarakt. Tentu saja kenyataan ini menunjukan dengan nyata bahwa Korea Selatan adalah negara terdepan di sektor ICT.


Pemerintahan Lee Myung-bak dalam dua tahun terakhir tengah menggerakan program digitakisasi nasionalnya dari fase promosi menuju fase utilisasi dan integrasi, oleh karena Korsel meningkatkan akses publik ke e-data pemerintah.

Korea Selatan telah menginvestasikan dana dalam jumlah yang luar biasa dan serangkaian upaya yang maksimal untuk meningkatkan aksesibilitas online bagi masyarakat penyandang keterbatasan fisik (disabled) dan menangkal efek negatif penggunaan internet, yang membuat Korea Selatan layak menjadi yang terbaik
.


Namun pahlawan sesungguhnya yang menjadikan Korea Selatan menjadi implementor e-Government adalah rakyat pengguna yang selalu menghendaki standar yang tinggi, persistensi, kemudahan, kecepatan dan efisiensi pada semua layanan e-Government.


Tuntutan masyarakat yang demikian tinggi telah menjadi motor penggerak utama bagi terciptanya e-Government yang unggul dan diakui sebagai yang terbaik di seluruh dunia. Capaian ini membuat Korea Selatan memang pantas menjadi tuan rumah KTT G20, seluruh anggota G20 dipastikan akan menikmati sajian keunggulan e-Government Korsel, bahkan akan memacu negara-negara anggota G20 yang belum mencapai kemaksimalan e-Government
.

(Korea.net | Martin Simamora)


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget