Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Sabtu, 02 April 2011

KRISIS NUKLIR JEPANG : Perkembangan Terkini, Jerman Kirimkan Robot Ke Jepang

ILUSTRASI -khgmbh.de
Berikut ini adalah berbagai perkembangan terkini setelah gempa dan tsunami dahsyat melanda timur laut Jepang dan melumpuhkan PLTN Fukushima Daiichi, mengakibatkan kebocoran radiasi yang tak terkendali.

-Perdana Menteri Jepang Naoto Kan menjamin semua warganya yang berada di zona bencana akan menerima bantuan dari pemerintah untuk membangun kembali kehidupannya. Naoto juga memasuki zona evakuasi 20 Km (zona bahaya radiasi) dari PLTN Fukushima Daiichi dan mengunjungi "J-Village: sebuah fasilitas olah raga yang berfungsi sebagai markas bagi semua tim emergency yang berupaya melakukan pendinginan seluruh reaktor.

- Operator PLTN, Tokyo Electric Company (TEPCO) menyatakan kini sedang berupaya keras untuk memulihkan kemampuan kendali terhadap seluruh reaktor di kompleks PLTN Fukushima Daiichi. TEPCO juga menyemprotkan resin ke semua debu radioaktif agar tak terbawa oleh tiupan angin.


-Kan pada Jumat lau menyatakan bahwa ia siap untuk melakukan "pertempuran jangka panjang" agar PLTN Fukushima Daiichi dapat kembali dikendalikan.


-Perdana Menteri pada Jumat kemarin menyatakan bahwa TEPCO tetap harus sebagai perusahaan privat, sekalipun perusahaan tersebut akan sangat membutuhkan bantuan keuangan dari pemerintah untuk menangani berbagai dampak bencana. Sebelumnya media koran lokal Manichi mengabarkan bahwa pemerintah mungkin akan mengambil alih TEPCO.


- Kan juga menyatakan akan membuat keputusan pada akhir April mendatang terkait pengadaan anggaran tambahan untuk pemulihan dampak gempa.


-Kepala Sekretaris Kabinet, Yukio Edamo menyatakan bahwa upaya evakuasi warga yang masih tinggal di sekitar PLTN Fukushima Daiichi akan menjadi operasi "Jangka Panjang".


ILUSTRASI : Radio-Controlled Hydraulic Excavator
For outdoor operations in areas exposed to radiation and for contaminated environmentsA remote-controlled, rapid tool change system enables various types of tools to be used.
All control and video signals are transmitted by radio.
Remote control is performed from the control unit in the drivers’ cabin of the transport vehicle.
Eight cameras are mounted on the excavator to enable the travel route and working area to be monitored.

-Amerika Serikat dan Jerman sedang mengirinkan robot-robot anti radiasi yang akan membantu dan mengeksplorasi PLTN Fukushima Daiichi. Kantor Berita Kyodo menyatakan 140 personil militer pakar keselamatan radiasi akan segera terlibat dalam upaya ini.


-Kan menyatakan bahwa Jepang harus kembali mendebat kebijakan energinya berdasarkan berbagai studi bencana, seiring dengan meningkatnya kemarahan warga atas krisis ini.


-Radiasi pada air pada semua lorong bawah tanah yang dekat dengan PLTN terdeteksi mencapai 10.000 kali diatas ambang batas normal. Level abnormal radioaktif Cesium telah ditemukan pada daging sapi di area tersebut, ungkap kantor berita Kyodo.


Pumps and Robots - German Technology for Fukushima

Front loaded: The Putzmeister pump is loaded on to
the Antonov 124 via a flip-up nose cone

-Badan pengawas PBB telah meminta Jepang pada Kamis lalu untuk memperluas zona evakuasi di sekitar PLTN setelah adanya radiasi di sebuah desa yang berjarak 40 km dari PLTN, jarak yang melampaui kriteria evakuasi.


-Aktivitas manufaktur Jepang melorot ke dua tahun terendah di Maret ini dan membukukan kejatuhan bulanan tertajam yang diakibatkan oleh gempa yang menghancurkan rantai pasokan dan produksi.

- 28.000 orang dinyatakan tewas atau hilang akibat Gempa dan tsunami. Lebih dari 166.200 oarng tinggal di berbagai penampungan di dataran tinggi, di atas dataran yang luas tertutup puing-lumpur.


- Diperkirakan kerugian mencapai USD300 milyar, menjadikan bencana ini sebagai bencana alam yang mengakibatkan kerugian termahal di dunia. Gempa Kobe 1995 menimbulkan kerugian sebesar USD100 milyar, sementara badai Katrina 2005 menimbulkan kerugian sebesar USD81 milyar.


-reuters.com TOKYO, Sat Apr 2, 2011 1:00am EDT | Martin Simamora


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget