Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Senin, 11 April 2011

KRISIS NUKLIR JEPANG: IAEA Nyatakan Situasi Masih Sangat Serius

Terbaru : Gempa 7,1 SR Hantam Fukushima
Pembangkit listrik eksternal yang terkena dampak gempa 7 April 2011 telah berhasil difungsikan kembali. Tiga liter air yang tertumpah di PLTN Onagawa telah dibersihkan.

Secara umum situasi di PLTN Fukushima Daiichi masih tetap sangat serius, namun sudah ada tanda-tanda awal akan adanya pemulihan beberapa fungsi seperti tenaga listrik dan instrumentasi.
Gempa Terbaru Hantam Fukushima


Pada reaktor-reaktor no.1,2 dan 3, terdapat 60.000 ton air yang terkontaminasi radioaktif yang harus dikeluarkan dari gedung-gedung turbin dan selokan-selokan.



Air ini akan dipindahkan ke kondenser-kondenser di setiap unit reaktor dan fasilitas pengolahan sampah radioaktif.Untuk menambah kapasitas tampung, tangki-tangki penampungan sementra telah dimintakan pengadaannya yang akan ditempatkan berdekatan dengan Fasilitas Pengolahan Sampah Radio Aktif.
.ibtimes.com :

An Insider’s view of workers at the Fukushima nuclear plant

Pada  reaktor unit 2 air telah sepenuhnya ditransfer dari kondenser ke tangki penampung kondensasi pada 9 April 2011.



Gas nitrogen saat ini  sedang diinjeksi ke dalam containmnet vessel unit 1 untuk mereduksi kemungkinan ledakan hidrogen didalam containment vessel yang tekanannya terus meningkat karena penambahan gas nitrogen.



Pada Reaktor unit 1, air segar masih terus menerus diinjeksi kedalam ruang tekanan reaktor melalui pipa pemasok air dengan kecepatan pasok air 6 meter kubik per jam dengan menggunakan sebuah pompa listrik temporer. Pada reaktor no.2 dan 3 air segar juga masih terus menerus diinjeksi melalui pipa-pipa pemadam kebakaran dengan kecepatan 7 meter kubik perjam dan rata-rata 7 meter kubik perjam dengan menggunakan pompa-pompa listrik yang didatangkan ke lokasi.



Pada reaktor unit 1 tekanan pada RPV terus meningkat sebagaimana diindikasikan oleh dua kanal instrumentasi. NISA telah mengindikasikan bahwa beberapa instrumen di dalam bejana reaktor mungkin tak bekerja denga akurat, Pada rekator unit 2 dan 3 Bejana bertekanan reaktor dan Drywell tekanan masih dalam tekanan atmosperik.


Temparatur pada Reactor Pressure Vessel (RPV) tetap berada di atas kondisi shutdown dingin, nampaknya kurang dari 95 derajat Celcius. Pada reaktor unit 1, temperatur pada mulut pipa pemasok air pada RPV adalah 235 derjat Celcius dan pada dasar RPV suhunya 120 derajat Celcius. Pada reaktor unit 2, temperatur pada mulut pipa pemasok air RPV mencapai 145 derajat Celcius. Temperatur pada dasar RPV belum dilaporkan. Pada Reaktor unit 3 tempearatur pada mulut pipa pemasok air RPV mencapai 97 derajat Celcius dan pada dasarnya mencapai 109 derajat Celcius.


Kendaraan penyemprot adonan beton yang digunakan untuk menembakan air telah menyemprotkan 90 ton air ke kolam pendingi batang-batang bahan bakar nuklir di reaktor unit 4 pada 9 April 2011.
Tidak ada perubahan status pada reaktor-reaktor unit 4,5,6 dan pada Fasilitas Bersama Penyimpanan Bahan Bakar Nuklir.


PEMANTAUAN RADIASI

Pada 9 April, endapan baik iodin-131 dan cesium-137 telah terdeteksi di 5 dan 6 perfectur dalam kadar yang cukup mengesankan. Jumlah endapan untuk iodin-131 ada di rentang 7.8 hingga 650 becquerel per meter persegi dan untuk Cesium-137 endapannya pada rentang 3.3 hingga 370 becqurel per meter persegi. Endapan tertinggi baik iodin-131 dan cesium-137 dilaporkan ada di perfektur Irabaki.


Dosis paparan radiasi Gamma diukur setiap hari di 47 perfektur, nilainya cenderung menurun. Angka dosis juga dilaporkan setiap hari untuk bagian timur perfektur Fukushima, nilainya menurun juga. Per tanggal 9 April , dosis radiasi sinar Gamma dilaporkan mencapai jarak 30 km dari PLTN Fukushima Daiichi dengan angka radiasi antara 0.2 hingga 26 μSv/h.
 

Melengkap program pemantauan radiasi, yang dilakukan oleh MEXT bekerjasama dengan berbagai universitas setempat, melakukan pengukuran di 27 kota pada 14 perfektur. Per 9 april 2011 di 19 kota, dosis radiasi sinar gamma dibawah 0.1 μSv/h. Di 7 kota radiasi Gamma ada pada rentang 0.13 to 0.21 μSv/h. Di kota Fukushima, ada terutur radiasi gamma mencapai 0.46 μSv/h. Dosis normal radiasi Gamma ada pada rentang 0.05 hingga 0.10 μSv/hr.



Pada tanggal 7 April, iodin-131 dan cesium-137 terdeteksi pada air minum di beberapa perfektur dengan level jauh dari angka yang dapat memicu rekomendasi-rekomendasi pembatasan konsumsi air minum. Pada 7 April, satu pembatasan dikeluarkan sebagai tindakan kehati-hatian terkait pengukuran ada di rentang 0.03 hingga 0.19 Megabecquerel per meter persegi.

PEMANTAUAN LAUT

Tokyo Electric Power Co.'s Fukushima Daiichi Nuclear Power Plan's No.1, No.2, No.3 and No.4 reactors, from right to left, in this photo taken March 31 and released by Japan's Defense Ministry on April 1. (Reuters)
Sebagaimana dilaporkan oleh TEPCO-operator PLTN Fukushima Daiichi yang malakukan program pemantauan air laut dengan mengambil sampel air permukaan di sejumlah lokasi dekat pantai dan lokasi-lokasi pemantauan lepas pantai.



Hingga 3 April, sebuah penurunan umum terpantau melalui titik sampel; TEPCO1 hingga TEPCO 4. Setelah debit air yang terkontaminasi pada 4 April 2011, tercatat adanya peningkatan kontaminasi yang bersifat sementara. Pada data baru 10 April 2011 (pengamnilan sampel 7 April) di semua titik sampel TEPCO telah dilaporkan hasil-hasilnya. Pada sampel yang diambil disekitar pantai, sampel-sampel TEPCO 1, TEPCO 2, TEPCO3 dan TEPCO 4 terjadi penurunan kontaminasi dibandingkan dengan hasil dari sampel tanggal 5 April, terkait konsentrasi iodin-131 dan cesium-137. Pada sampel dari TEPCO 2 dilaporkan adanya peningkatan konsentrasi iodin-131 9 dari 40 kBq/l pada 6 April menjadi sekitar 150 kBq/l) dan cesium-137 (dari sekitar 25kBq/I pada 6 April ke sekitar 65 kBq/l)


Untuk 6 sampel dari TEPCO 5 hingga TEPCO 10 pada 7 April, berikut ini adalah hasil-hasilnya :TEPCO 5, TEPCO 6 dan TEPCO 10 mengalami penurunan pada level iodine 131 dibawah 0.2 kBq/l dan cesium 137 dibawah 0.1 kBq/l.


Pada TEPCO 7 sebuah peningkatan tercatat untuk iodin 131. Pada TEPCO 8 dan TEPCO 9 terjadi peningkatan untuk iodin 131 dan cesium 137. Hasil pengukuran TEPCO 9 sekitar 0.07 kBq/l (pada 6 April) menjadi 0.37 kBq/l untuk iodin 131 dan untuk cesium 137 meningkat dari 0.05 kBq/l menjadi sekitar 0.21 kBq/l.

PROGRAM PEMANTAUAN LEPAS PANTAI OLEH MEXT

Sebagaimana dilaporkan dalam laporan MEXT pada 8 April 2011 yang melakukan pemantauan lepas pantai pada 23 Maret dan dan kemudian poin 9 dan 10 ditambahkan ke lepas pantai skema sampling. Pada 4 April, MEXT menambahkan dua titik sampling di sebelah utara dan barat titik sampling 1.

AKTIVITAS IAEA

Tim yang berasal dari pakar-pakar teknologi BWR akan menyumpulkan misi mereka pada hari Minggudengan NISA, MOFA 9Ministry of Foreign Affairs) Atomic Energy Commission (AEC) dan Nuclear Safety Commission (NSC).

Melengkapi laporan-laporan dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya, sejumlah negara telah menyampaikan data-data pemantauan dan atau tautan-tautan ke website-website nasional yang dapat diakses: Amerika Serikat, Republik Czech dan Latvia.

-ibtimes | Martin Simamora

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget