Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Rabu, 20 April 2011

CHERNOBYL Menebar Ancaman Baru, 100 Tahun Untuk Menjinakannya!

A view of the sarcophagus that was built over the reactor
grok.ecn.uiowa.edu
Animasi berikut ini akan memperlihatkan bagaimana NORVAKA mendisain sebuah konstruksi berbentuk busur, sebuah proyek Internasional untuk "membungkus" SARCOPHAGUS atau pelindung lama PLT Nuklir Chernobyl di reaktor no.4. Proyek NORVAKA akan menjadi konstruksi terbesar di dunia untuk jenisnya, yang akan tetap menjamin radiasi radioaktif  dari 200 Ton Uranium dan 1 Ton Plutonium Chernobyl tidak akan bocor. NORVAKA akan menggunakan 20.000 ton baja dan  dukungan dana sebesar  USD785 juta. Skenario mengubur PLTN model semacam ini menjadi skenario yang akan dilakukan di PLTN Fukushima Daiichi Jepang.




Reruntuhan PLTN Chernobyl harus disegel dengan pelindung yang terbuat dari 20.000 ton baja yang didisain untuk mencegah kebocoran radiasi radioaktif. Pelindung berwujud busur dirancang mampu menahan radiasi radioaktif selama 100 tahun kedepan. Konstruksi mampu "menutupi" Katederal St Paul di London atau Patung Liberty.

Berbagai pemerintah dunia telah berkomitmen sebesar USD785 juta dalam sebuah konferensi di Kiev, seminggu sebelum peringatan 25 tahun bencana Nuklir di Ukraina yang terjadi 26 April 1986 lampau dimana reaktor mengalami ledakan dan terbakar. Pembangunan konstruksi baru ini membuat total biaya pengerjaan pengamanan Chernobyl menjadi USD1.8 milyar.


Sejauh ini ada 28 negara yang sudah mengajukan bantuan keuangan. European Commission adalah kontributor terbesar yaitu USD143 juta yang dinyatakan dalam Kiev Nuclear Safety Summit. Amerika Serikat berkomitmen sebesar USD123 juta dan Inggris -yang hingga kini masih memberlakukan larangan tertentu di 300 area pertanian di Wales akibat kontaminasi radiasi radioaktif Chernobyl-akan berkontribusi sebesar USD50 juta. European Bank for Reconstruction and Development telah mengumumkan tambahan dana sebesar USD172 juta. Jepang, Italia dan kanada masih mempertimbangkan apakah akan turut berkontribusi juga.
• Span: 270 m (886 ft)• Height: 100 m (330 ft) • Length: 150 m (492 ft)
masonrydesign.blogspot.com

Struktur yang direncanakan berwujud busur akan memiliki lebar 190 meter dan tinggi lebih dari 100 meter, dan akan memakan waktu 5 tahun membangunnya. Konstruksi busur ini akan "menyelimuti" beton Sarcophagus yang dibangun disekeliling reaktor segera setelah bencana terjadi. Konstruksi pelindung sekarang ini memiliki retakan-retakan, yang memicu ketakutan terlepasnya berbagai material nuklir yang jumlahnya mencapai 95% atau 200 ton uranium di dalam reaktor.


Levl-level radiasi yang terpancar langsung dari Sarcophagus terlalu tinggi bagi konstruksi busur dibangun langsung pada reaktor, sehingga konstruksi akan dibangun menjadi 2 bagian, lalu digerakan diatas rel-rel. Konstruksi ini didesain agar pihak berwenang dapat mulai membongkar reaktor dari dalam, selama 100 tahun.

Pelindung berbentuk busur ini dimaksudkan untuk tetap ditempatnya hingga pemerintah Ukraina menemukan fasilitas penyimpanan 200 ton uranium dan 1 ton Plutonium yang permanen.

-Guardian | Martin Simaora

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget