Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Kamis, 25 Maret 2010

India Bangun Green City


Negara bagian Tripura, India pada Minggu (21/3/2010) lalu telah mengumumkan bahwa semua kendaraan publik (transportasi umum) dan pribadi di Agartala akan menggunakan bahan bakar gas: Compressed Natural Gas (CNG) pada tahun 2013 mendatang, dan rencana ini akan menjadikannya Green City pertama di India.


Pelaksanaan program ini didukung oleh Tripura Natural Gas Co Ltd (TNGCL), sebuah joint venture antara Gas Authority of India Ltd (GAIL) dengan Pemerintah Assam dan Tripura dalam sebuah proyek pengadaan CNG untuk bahan bakar semua kendaraan pemerintah dan swasta.


CNG juga akan dapat digunakan oleh masyarakat yang kini menggunakan tenaga listrik, bahan bakar bensin atau solar untuk penggunaan beragam mesin."TNGCL hingga kini telah telah menyalurkan gas melalui pipa ke lebih dari 7416 konsumen rumah tangga, 155 bangunan komersial dan unit-unit industri di Agartala dan wilayah pinngirannya, termasuk juga rumah sakit dan krematorium, ujar Chairman TNGCL, Pabitra Kar sebagaimana dikutip Plaza eGov dari Prokerala.com.


Pabitra menyatakan:"Perusahaan akan segera menyediakan jaringan-jaringan pipa gas PNG ke 10.000 konsumen rumah tangga di perkotaan dan pinngiran, dan Agartala akan menjadi kota pertama di India yang akan menjadi Kota Hijau dalam waktu tiga tahun mendatang.


Departemen Transportasi pun akan memperkenalkan kepada publik 70 bis penumpang berbahan bakar gas CNG di Agartala, kota keempat setelah New delhi, Mumbai dan Lucknow di India yang menggunakan gas CNG sebagai bahan bakar kendaraan dalam skala besar.
Mahkamah Agung telah mendesak pemerintah untuk membebaskan kota-kota dari polusi dengan memperkenalkan kendaraan-kendaraan berbahan bakar gas CNG.



(Martin Simamora)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget