Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 23 Februari 2010

Cybersecurity Jadi Agenda Penting KTT G20 Seoul


Beranjak dari realita mengganasnya ancaman Cybersecurity yang menuntut kerjasama di level "State to State" atau antarnegara sebelum menjadi sebuah kerjasama global, Korea Selatan pada G20 November 2010 Seoul mendatang menyiapkan proposal khusus yaitu sebuah usulan untuk membentuk sebuah Badan Cybersecurity Internasional, demikian pernyataan resmi Pemerintah Korea Selatan disitat Bernama (23/2).

Meruncingnya Cyber Security sebagai ancamana atau konflik berdimensi "State to State/Supra State" membuktikan bahwa Cybersecurity tak bisa lagi semata sebagai urusan ICT belaka sebab dampak yang menguat lebih kental pada aspek keamanan nasional sebuah negara, keamanan ekonomi nasional dan bahkan ketahanan dan perthanan keamanan sebuah negara, kawasan dan juga seluruh dunia.


Beranjak dari realita Cybersecurity yang menuntut kerjasama di level "State to State" atau antarnegara sebelum menjadi sebuah kerjasama global, Korea Selatan pada G20 November 2010 mendatang menyiapkan proposal khusus yaitu sebuah usulan untuk membentuk sebuah Badan Cybersecurity Internasional, demikian pernyataan resmi Pemerintah Korea Selatan disitat Bernama (23/2).

Sepeti diungkapkan kantor berita lokal Korsel, seorang pejabat pemerintah yang tidak diungkapkan identitasnya berujar,"Kami berencana untuk mengajukan sebuah badan cybersecurity yang komprehensif dan terorganisasi dan sebisa mungkin markas besarnya berkedudukan di Seoul."

Pemerintah Seoul pun melalui Kementeriannya akan membuat perencanaan aksi dalam setengah tahuin pertama 2010 agar proposal tersebut siap dibawa ke dalam G20 Summit.


Rencana ini terbilang mendesak muncul, dipicu oleh serangan cyber DDoS ( distributed denial-of-service) yang menghantam sejumlah website korporasi dan instansi pemerintah milik Korsel dan AS pada Juli 2009 lalu. Proposal ini mencerminkan adanya kesadaran bahwa dunia membutuhkan sebuah organisasi dunia anti Cyberthreat ungkap media setempat.

(Bernama | Martin Simamora)


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget