Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Jumat, 19 Maret 2010

Berkendaraan Di Singapura Makin Mudah Berkat Info Lalu-Lintas Via Smartphone


Pemerintah Singapura semakin memanjakan warganya dalam berpergian dan berkendaraan dengan menghadirkan sebuah layanan publik yang cerdas MyTransport.Sg yang dapat diakses melalui Smartphone. Sebuah kompensasi yang manis bagi publiknya yang selama ini mengaksesnya melalui iPhone.





Pemerintah Singapura belum lama ini melalui Singapore Land Transport Authority (LTA) telah meminta iPhone app menghentikan pengambilan data aktual lalu-lintas Singapura di website LTA, namun pemerintah pun bergegas memberikan layanan yang sama melalui aplikasi buatan pemerintah yang memberikan layanan yang sama yang disebut MyTransport.sg.


Aplikasi Web info lalu-lintas dapat diakses melalui browser smartphone yang menyajikan berbagai info penting seperti; tayangan aktual CCTV lalu-lintas, jadwal kedatangan bis, ketersediaan alokasi parkir aktual. Tak hanya kepada iPhone Apps pemerintah Singapura meminta penghentian pengambilan data lalu-lintas, namun juga kepada sebuah perusahaan lokal NiiDees, yang dua minggu lalu diminta untuk meniadakan fitur info lalu-lintas yang diambil dari website LTA.



Juru bicara LTA disitat ZDNetAsia (17/3) menyatakan tindakan ini dilakukan sebab data ketersediaan alokasi parkir adalah milik pengelola parkir swasta yang memberikan datanya untuk LTA. Pemerintah untuk memiliki info ini meminta izin kepada para pengelola parkir, dan sejauh ini LTA telah memperoleh izin dari 14 operator parkir untuk memberikan informasi ketersediaan parkir kepada pihak ketiga dalam hal ini masyarakat pengguna layanan informasi publik.



Pemerintah Singapura terus mengupayakan kerjasama yang luas sehingga semakin banyak kerjasama yang terjalin dengan operator parkir, saat ini pun ada banyak kerjasam yang sedang diproses agar LTA dapat memperkaya info MyTransport.sg.

Otoritas transportasi Singapura pun belum lama ini telah menandatangani kesepakatan dengan Google dan penyedia layanan peta online lokal Gothere.sg untuk menyediakan informasi lalu-lintas kepada para pengakses layanan-layanan ini.


E-Goverment Readiness Singapura 2010 versi PBB

+ E-Government Index : 0.748
+ Online Service Index : 0.686
+ Infrastructure Index : 0.639
+ Human Capital Index : 0.920
+ E-Participation Index : 0.686
+ Website : http://www.gov.sg
+ Peringkat E-Government Global : 11/184



(ZDNetAsia | Martin Simamora)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget