Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Senin, 03 Mei 2010

Uni Eropa Pastikan Penerapan Sistem Open Standards & Interoperabilitas Pada E-Government


Minggu lalu seluruh menteri European Union telah menyepakati sebuah keputusan penting terkait implementasi e-Government di seluruh negara anggota EU, yaitu menerapkan Open Standards dan sistem-sistem yang interoperabel.

Para menteri EU sperti dikutip Plaza eGov melalui osor.eu (23/4/2010) telah mendeklarasikan untuk memasukan faktor inovasi dan efektivitas dalam implementasi e-Government melalui rangkaian promosi; penggunaan sistem-sistem yang interoperabel dan Open Standards, pengembangan skema-skema EU wide e-authentication dan pembangunan;e-invoicing, e-procurement dan pre-commercial procurement secara pro aktif.

Kesepakat diatas tersebut salah satu dari 29 poin yang disepakati selama pertemuan para menteri EU yang bertanggung jawab atas masyarakat informasi EU dan Komisioner Eropa untuk Agenda Digital. Para menteri juga menyatakan akan mempromosi penggunaan berkelanjutan data sektor publik sehingga akan menciptakan berbagai inovasi dalam layanan-layanan pemerintah. Cara ini akan membuat pemerintah menjadi lebih efisien, mengurangi beban administrasi dan membantu upaya mengurangi emisi karbon dioksida.


Open Standards adalah elemen penting dalam banyak aplikasi Open Source yang bebas diakses. Pengembangan software Open Source akan menjadi masalah bila digunakan dalam Closed Standards atau digunakan pada standar-standar yang mengenakan pembayaran royalti. Standar yang tertutup atau yang mengenakan pembayaran royalti berisiko mengalami perubahan yang tak terduga atau menjadi terbatas dalam penggunaannya.

Institusi militer Perancis legendaris yang bertanggung jawab terhadap keamanan publik :French Gendarmerie telah membandingkan aplikasi-aplikasi Open Source dengan proprietari dan menyimpulkan bahwa secara umum Open Source lebih baik berjalan di dalam Open Standards, ujar Letnan kolonel Xavier Guimard beberapa waktu lampau.

Badan advokasi Open Source di Eropa : Open Forum Europe menyambut baik kesepakatan para menteri EU dengan menyatakan:"Ini seharusnya menyatakan pesan yang sangat kuat ke seluruh seantero negara-negara anggota EU, Bagi OFE tak ada agenda lain yang lebih penting selain Eropa yang sungguh ingin menjalankan keterbukaan.


(Martin Simamora)


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget