Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Jumat, 21 Mei 2010

Wakatobi Adopsi Teknologi Microsoft Untuk Lindungi Terumbu Karang

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia telah menetapkan Kabupaten Wakatobi , Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai tujuan utama wisata baru Indonesia yang kaya dengan keindahan lautnya. Untuk mendukung penelitian keanekaragaman hayati terumbu karang di Wakatobi, PT Microsoft Indonesia merangkul Pemerintah Kabupaten Wakatobi.

Bertempat di gedung BPPT, Pemkab Wakatobi akan membangun International Center of Excellence untuk penelitian "coral biodiversity" yang didukung oleh Kementerian Riset dan Teknologi, ungkap Bupati Wakatobi, Hugua, dikutip Plaza eGov dari detik.com, saat seremoni kerjasama pada Kamis (20/5/2010).

Kerjasama antara Pemkab Wakatobi dan Microsoft merupakan sebuah kemitraan : Public Private Partnership (PPP)."Pemkab Wakatobi akan mengadopsi teknologi Microsoft untuk penelitian coral biodiversity yang didukung oleh Kementrian Riset dan Teknologi," jelas bupati.


Kemitraan teknologi akan membantu Wakatobi mengatasi kelemahan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia dan membantu pengarsipan hasil-hasil penelitian dalam bentuk digital sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat."Selama ini ada ribuan hasil penelitian mengenai Wakatobi, tapi saya pun sering tak mengetahuinya," ucap Hugua.


Kemitraan pengembangan Internasional Center of Excellence Pusat Penelitian Terumbu Karang mencakup penelitian keanekaragaman hayati, dalam hal ini Microsoft akan memberikan dukungan kepada masyarakat peneliti dengan kelengkapan teknologi, bank data, forum, dan sumber daya yang membangun komunitas praktisi, serta penyelenggaraan lokakarya dan pelatihan.


Semua data keanekaragaman hayati di wakatobi dapat diunggah ke situs Wakatobi dan tersimpan di server database sehingga masyarakat dunia dapat melihatnya, jelas Tony Seno Hartono, National Technology Officer Microsoft Indonesia.

(Martin Simamora | detik.com)


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget