Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 18 Mei 2010

Vietnam Menilai ASEAN Single Window Sangat Penting Bagi Perekonomiannya


Mekanisme pasar internal ASEAN yang bersifat "one-stop shop" atau ASEAN Single Window akan berfungsi pada 2012, berdasarkan peta 
panduan yang dibuat oleh semua negara anggota ASEAN. ASW akan memungkinkan semua importir dapat melakukan pengiriman (ekspor) barang ke negara ASEAN manapun setelah memenuhi semua prosedur di pelabuhan-pelabuhan regional ASEAN. Vietnam menilai ASW sangat penting bagi perekonomiannya sebab ASEAN adalah pasar ekspor terbesar ketiga.



ASEAN Single Window bertujuan meningkatkan meningkatkan kerjasama perdagangan internal ASEAN dan mewujudkan target pembentukan sebuah komunitas : Masyarakat ASEAN atau ASEAN Community yang dipatok terealisasi pada 2015 mendatang.
Bea dan Cukai ASEAN menggambarkan bahwa negara-negara ASEAN selalu menjadi mitra perdagangan terbesar bagi Vietnam dalam beberapa tahun terakhir ini. Nilai perdagangan Vietnam - ASEAN tumbuh sebesar 25,9% setiap tahunnya sejak 2005-2008, namun pertumbuhannya menyusut menjadi 13,3% setiap tahunnya sejak 2005-2009 sebagai dampak resei ekonomi global.

ASEAN adalah pasar ekspor terbesar ketiga bagi Vietnam dibawah Amerika Serikat dan European Union. Statistik menunjukan bahwa perdagangan antara Vietnam - ASEAN tetap bertumbuh pesat dalam tahun-tahun belakangan ini. Nilai perdagangan bilateral meningkat secara konstan dari 2005-2008, dari hanya USD14,9 miliar, total nilai impor ekspor pada 2005, melejit menjadi USD22,4 pada 2008 atau hampir dua kali nilai perdagangan yang diraih Vietnam-ASEAN pada 2005. Sebagai akibat resesi ekonomi global angka tersebut menyusut menjadi USD22,4 miliar pada 2009, atau 25% lebih rendah dibandingkan dengan nilai perdagangan yang dicapai pada 2008 lalu.


Walau demikian hubungan ekonomi dan perdagangan antara ASEAN dan Vietnam telah menunjukan tanda-tanda positif di awal tahun 2010. Statistik terakhir yang dikeluarkan oleh General Department of Customs menunjukan : nilai ekspor impor antara Vietnam dan ASEAN mencapi USD6,12 miliar untuk kuartal pertama 2010, 37% 
lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu dan 18,9% dari total nilai ekspor impor Vietnam. Nilai total ekspor Vietnam ke ASEAN mencapai 17,6% nilai total ekspor Vietnam, sementara nilai impor Vietnam dari ASEAN mencapai USD3,57 miliar atau 20% dari nilai total impor Vietnam.


Meskipun nilai perdagangan antara Vietnam - ASEAN sangat baik, namun belum mencapai kemaksimalannya, kawasan ASEAN masih menyimpan potensi yang luar biasa besar, terutama di penghujung 2008 ketika ekonomi dunia terjerumus kedalam resesi. Untuk 
memfasilitasi perdagangan intra ASEAN, negara-negara ASEAN berkomitmen untuk mengikuti sebuah roadmap unifikasi untuk menciptakan sebuah mekanisme one stop shop internal (ASW). ASEAN Single Window diharapkan mempersingkat waktu hingga 30 menit pada 2012.


Vietnam kini mempersiapkan dengan seksama pembangunan National Single Window atau sistem layanan kepabeanan terpadu satu jendela dan mempertimbangkannya sebagai sebuah langkah utama sebelum bergabung ke ASW. General Department Customs Vietnam menyatakan : aktivitas-aktivitas NSW terutama berkait dengan berbagai persiapan untuk menjamin efektifitas kerjasama diantara kementerian-kementerian, departemen-departemen dan berbagai organisasi terkait.

Vietnam sebagaimana dikutip Plaza eGov dari vietnamnet.vn (8/5/2010) lalu sejauh ini telah membuat sebuah rencana induk implementasi NSW. Rencana ini dijalankan sejak 2009-2011 dan meliputi sejumlah tahapan;
  1. Membangun infrastruktur tehnikal
  2. Mendisain ulang proses-proses profesional
  3. Memperkenalkan model-model data
  4. Memperbaiki kerangka legal
  5. Mengembangkan sistem-sistem informasi
Persiapan-persiapan intensif akan dilakukan pada akhir 2011 sehingga dapat berhubungan dengan ASEAN Single Window pada 2012. 


Proses implementasi ASW juga menghadapi sejumlah kesulitan, yaitu perbedaan tingkat kebutuhan adanya ASW dan keragaman cara implementasi oleh negara-negara anggota
ASEAN. ASEAN Single Window adalah hal yang baru, membutuhkan pengembangan aplikasi IT level tinggi. Karena itu untuk mencapai kosensus kebutuhan bersama, konsentrasi sumber-sumber daya dan koordinasi aksi adalah hal penting untuk menjamin kelancaran ASW.


Vietnam tahun ini mulai mengerjakan komponen-komponen rencana induk NSW termasuk; 
  1. penyederhanaan
  2. standarisasi dan harmonisasi prosedur
  3. meninjau sistem-sistem IT
  4. menganalisa isu-isu legal dan mengkompilasi dokumen-dokumen propagasi dan pelatihan kementerian-kementerian dan departemen-departemen terkait 
  5. membangun dan mengembangkan sistem-sistem TI yang memenuhi ketentuan-ketentuan profesional yang ditetapkan oleh General Department of Customs, Kementerian Industri dan Perdagangan, dan Kementerian Transportasi.


(Martin Simamora)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget