Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 18 Mei 2010

UEA Rangkul Korea Untuk Pertajam Implementasi E-Government

Direktur Jenderal Abu Dhabi Systems and Information Center, Rashid Al-Mansouri dalam The UAE- Korean Knowledge Sharing Seminar yang berlangsung di Shangrila Hotel belum lama ini, berujar :"Abu Dhabi kini melakukan studi untuk mewujudkan sebuah masyarakat berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Abu Dhabi pun merangkul Korea, implementor e-Government terbaik dalam kerjasama dan kemitraan untuk mempertajam implementasi E-Government.

Al-Mansouri dalam pidato pembukaan menyatakan bahwa "pertemuan hari ini dan di masa mendatang diawali dengan inisiatif yang dilakukan ditingkat eksekutif dengan penandatanganan MoU dengan pihak Centre and the Knowledge Development Institute, Korea pada 27 Desember 2009 lalu sebagai tindak lanjut kunjungan Presiden Lee Myung- BAK ke UAE untuk kali kedua. Kerjasama diharapkan akan meningkatkan kemitraan dan pertukarana pengalaman kedua negara.

Lebih lanjut Al-Manshouri menyerukan partisipasi efektif dalam seminar ini dan komunikasi yang berkelanjutan dengan Korea untuk membangun sektor ICT di Abu Dhabi dan memperdalam hubungan-hubungan strategis yang berguna bagi kepentingan dan keuntungan bagi dua negara bersahabat ini.

Merespon mitranya, Duta Besar Korea untuk UAE H.E. Yong-Chil Chung seperti dikutip Plaza eGov dari globalarabnetwork.com (9/5/2010) menyatakan : kemitraan yang mulai dibangun sejak Desember tahun lalu, dijalankan dibawah arahan Presiden UAE yang menciptakan jalan menuju sebuah babak baru dalam hubungan bilateral kedua negara dan kerjasama di antara kedua negara di beberapa bidang seperti e-Government. Apalagi UAE adalah mitra dagang utama di kawasan Timur Tengah dan penyedia energi utama bagi Korea.

Duta Besar Korea menyerukan pembangunan besar-besaran di bidang e-Government terutama dengan membangun infrastruktur ICT terbaik. Dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan, Abu Dhabi dikenal sebagai negara yang memiliki banyak kapabilitas dan investasi yang yang memberikan kontribusi untuk pembangunan masyarakat dan pencapaian Abu Dhabi Vision 2030. Yong-Chil bahkan menyebut 2010 sebagai tahun ICT yang pertama bagi kedua negara.


Hari pertama Sharing Seminar diisi dengan empat sesi. Sesi pertama membahas pembangunan sektor ICT dengan pembicara : Dr. Dr.Songook PARK dari KISDI yang memaparkan tahapan-tahapan pembangunan ICT dan peran pemerintah Korea dalam pembangunannya dewasa ini dan di masa mendatang.


Pembicara lainnya, Then Yoon-seok KO (NIA) menampilkan presentasi pengalaman Korea dibidang e-Government. Sementara itu, Samir Abdul Latif (ADSIC) fokus pada strategi pemerintah untuk membangun strategi e-Government dan pembangunan sektor ICT. Latif juga memaparkan visinya yang ingin mewujudkan pengembangan program-program yang berfokus pada Customer Service.

Samir mengungkapkan serangkaian upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah Abu Dhabi untuk menyediakan infrastruktur program-program e-Government dan mengimplementasikan praktik-praktik e-Government terbaik di level kerjasama badan-badan pemerintah dengan para mitra sektor swasta untuk membangun masyarakat berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sesi kedua : mengembangkan modal sumber daya manusia untuk ICT dengan pembicara Dr. Abdul Latif Al-Shamisi, Direktur Jenderal Applied Technology Institute, ia mengungkapkan rencana untuk mengajarkan teknologi di institut untuk menghadapi beragam tantangan besar kala ICT telah menjadi sebuah sarana yang menjadi daya tarik dan perhatian para siswa.

(Martin Simamora | Global Arab Network)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget