Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Senin, 17 Mei 2010

Kartu Identitas Elektronik Jerman Berkemampuan Layaknya Sebuah Kartu Kredit

Pemerintah Jerman akan menerbitkan kartu identitas baru berformat smart card bagi warganya pada November 2010 mendatang dan baru-baru ini mengumumkan : teknologi kartu cerdas nir sentuh atau contactless milik SMC Microsystem Inc telah mendapatkan sertifikasi dari Kantor Federal Keamanan Informasi Jerman : Bundesamt für Sicherheit in der Informationstechnik untuk digunakan pada kartu identitas elektronik yang baru atau dikenal sebagai neuer Personalausweis atau npa.

Pada November 2010 kelak, kartu identitas penduduk Jerman yang terbuat dari kartu plastik akan mulai digantikan dengan smart card yang nir sentuh (contactless). Npa berformat identitas elektronik akan memberikan kemampuan kepada pemegangnya untuk melakukan transaksi online secara aman dang menawarkan banyak fungsi dan kemampuan baru, layaknya kemudahan bertransaksi melalui kartu krdeit.


Dewasa ini banyak aktivitas sehari-hari dan aktifitas bisnis, seperti membuka rekening bank atau membeli produk-produk dilakukan melalui internet. Tetapi sejauh ini tidak ada pembuktian identitas yang terstandarisasi di dunia online dan diperlukan macam-macam password, kode atau kartu akses yang beragam untuk menangani berbagai aplikasi.

Kini semua warga Jerman dengan Npa, seperti dikutip Plaza eGov dari Secureidnews.com, selain memiliki identitas berformat elektronik, juga dapat melakukan pembelian barang-barang melalui internet , mengunduh (download) musik, mengkonfirmasi umur atau tempat kelahiran, mengisi data klaim asuransi, atau melakukan komunikasi dengan pihak-pihak pemerintah dan menyelesaikan urusan-urusan administrasi dengan pemerintah secara mudah, menghemat waktu dan terutama menghemat uang.

Kartu identitas elektronik baru memerlukan smart card reader khusus agar pemegangnya dapat menikmati berbagai layanan online yang tersedia dan alat ini dengan mudah dapat dihubungkan dengan komputer pribadi di rumah.


Alat pembaca kartu identitas elektronik nir sentuh : SCL011 SCM Microsystems dihubungkan ke komputer pribadi melalui USB, dan berfungsi sebagai penghubung antara kartu identitas elektronik dengan komputer pribadi. Card Reader dapat beroperasi dengn berbagai sistem operasi antara lain; Windows XP, Vista, Windows 7, MacOS X, Linux; Ubuntu, OpenSuse dan Debian OS. Teknologi ini juga memiliki kemampuan update untuk penambahan fungsi-fungsi baru.

(Martin Simamora)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget