Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 23 Februari 2010

Inggris Lakukan Intersepsi Komunikasi Website Untuk Menangkal Aksi Terorisme


IMP memandatkan Home Office dapat membujuk semua ISP melakukan perekaman terhadap semua lalu-lintas web. Rekaman akan memungkinkan para penegak hukum mendapatkan data "siapa berbicara dengan siapa" pada berbagai media seperti; email, IM dan website jejaring sosial. Tujuan utamanya sebagai "anti-terrorism measure".



Pemerintah Inggris telah meleburkan dua tim ke dalam sebuah Direktorat untuk menjalankan skema Interception Modernisation Programme(IMP). IMP telah memancing debat tajam di dalam masyarakat.Sebelum dileburkan kedalam sebuah direktorat baru, tim pertama melakukan intersepsi atau penyadapan komunikasi website dengan cara tradisional seperti menyadap telepon sementara yang kedua dengan cara IMP dan melakukan penyadapan pada berbagai teknologi canggih seperti pesan singkat (SMS).


Juru bicara Home Office seperti disitat ZDNet beberapa waktu lalu menyatakan bahwa kedua tim telah disatukan menjadi sebuah departemen baru yang disebut Communications Capabilities Directorate (CCD)."Direktorat ini akan tetap mempertimbangkan berbagai tantangan yang hadir bersamaan dengan kemunculan berbagai teknologi baru, juga akan berkerja erat dengan seluruh penyelenggara jasa telemomunikasi.

CCD pun akan membawa proposal yang akan membuat rakyat menjadi percaya dan menerima langkah pemerintah serta mendemonstrasikan sebuah keseimbangan yang semestinya antara hak privasi dan keamanan.


IMP memandatkan Home Office dapat membujuk semua ISP melakukan perekaman terhadap semua lalu-lintas web. Rekaman akan memungkinkan para penegak hukum mendapatkan data "siapa berbicara dengan siapa" pada berbagai media seperti; email, IM dan website jejaring sosial. Tujuan utamanya sebagai anti-terrorism measure.


Semua ISP diminta untuk selalu merekam semua komunikasi website warga Inggris yang juga meliputi perekamam komunikasi telepon selular untuk membangun sebuag gambaran apa yang dilakukan dan siapa saja yang terlibat.




(ZDNet.co.uk | Martin Simamora)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget