Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Jumat, 05 Februari 2010

PBB Kembangkan Standard Baru Teknologi Hijau Smart grid


Homegrid Forum adalah sebuah kelompok internasional non profit yang mempromosikan standar Smart Grid yang dikembangkan oleh PBB melalui International TelecommunicatG.hn. ITU-T telah merampungkan pekerjaan rumahnya mengembangkan spesifikasi networking rumah yang menghasilkan G.hn Smart Grid Products. Produk ini akan menjadi standar "Wired Home Networking" di masa mendatang yang akan mendukung teknologi komunikasi berkecepatan tinggi melalui jaringan listrik, kabel telepon dan kabel coaxial.

International Telecommunication Union melalui Telecommunication Standardization Sector (ITU-T) dengan kelompok kerjanya yang bernama HomeGrid Foru (G.hn) atau lengkapnya ITU-T G.hn workgroup belum lama ini telah tiba pada sebuah kesepakatan yang meliputi "low Complexity" atau profil aplikasi Smart Grid dengan kompleksitas teknologi yang relatif lebih rendah yang disebut sebagai G.hn networking standard . Profile yang lebih sederhana ini menawarkan serangkaian set perimeter yang akan diterapkan pada teknologi Smart Grid generasi mendatang yang berupa G.hn Smart Grid products.


Homegrid Forum adalah sebuah kelompok internasional non profit yang mempromosikan standar Smart Grid yang dikembangkan oleh PBB melalui International TelecommunicatG.hn. ITU-T telah merampungkan pekerjaan rumahnya mengembangkan spesifikasi networking rumah yang menghasilkan G.hn Smart Grid Products.

Produk ini akan menjadi standar "Wired Home Networking" di masa mendatang yang akan mendukung teknologi komunikasi berkecepatan tinggi melalui jaringan listrik, kabel telepon dan kabel coaxial.

G.hn Smart Grid Product yang akan mendukung penggunaan manufaktur ragam produk untuk menghasilkan produk-produk elektronik berkonsumsi daya listrik yang rendah, berbiaya rendah, performa baik, andal dan aman yang kesemuanya jadi persyaratan mutlak untuk pembangunan Smart Grid dan berbagai aplikasi hemat energi lainnya.

Profil dengan kompleksitas yang lebih rendah pada G.hn juga hanya membutuhkan fitur-fitur yang sederhana seperti : kapasitas/bandwith signal, metode modulasi data, teknologi transmiter linear, dan "Forward error correction" (FEC), dan memiliki kemampuan pemeliharaan interoperability yang penuh pada semua produk G.hn.


Sejumlah keunggulan teknologi Smart Grid standard PBB adalah:
1.memiliki Smart Meter ( beberapa negara pembuatan smart meter belum teralokasi dengan baik karena kebanyakan membebankannya kepada vendor namun tidak juga
bersifat wajib)
2.menyediakan monitor di rumah-rumah dan smart termostats
3.bekerja dengan berbagai perangkat elektronik cerdas seperti; mesin cuci, pengering, pencuci piring elektronik, pemanas rumah, dan sistem penyejuk udara
rumah, sistem ventilasi rumah
4.memiliki interface alat-alat sistem energi.Aplikasi-aplikasi Smart Grid pun akan menikmati keuntungan dari G.hn termasuk: utilisasi berbasis "Demand Response Programs" melalui koneksi internet broadband atau sistem Advance Metering Infrastructure (AMI).
5.Memiliki kemampuan memperbaiki (troubleshooting) dari jarak jauh (remote)
6.mendukung berbagai sistem dengan karakteristik "Real Time Demand response" atau respon seketika terhadap permintaan klien yang akan memberikan kompesasi terhadap penggunaan yang harus dibayar oleh klien/masyarakat pengguna.
7.memiliki kemampuan kontrol yang fleksibel terhadap seluruh perangkat rumah tangga cerdas yang mampu mengurangi konsumsi listrik kala berada masa puncak konsumsi sehingga mencegah atau mengurangi pemadaman listrik.

Berikut ini adalah penjelasan HomeGrid Forum bagaimana G.hn bekerja:



ITU-T G.hn Working Group juga sepakat bahwa G.hn standard pun akan menyediakan panduan penggunaan G.hn di dalam aplikasi-aplikasi Smart Grid dan bagaimana bekerja dengan berbagai perangkat cerdas rumah lainnya yang telah terkoneksi dengan G.hn. Panduan pun akan diberikan kepada para pengembangproduk G.hn serta penggunanya dan memberikan penjelasan bagaimana instrumen G.hn dapat digunakan sebagai bagian dari lapisan aplikasi software sistem manajemen energi yang beroperasi di atas lapisan fisik G.hn dan lapisan data link. Panduan juga menunjukan bagaimana alat-alat smart grid G.hn berhubungan dengan sebuah layanan penyedia jaringan akses smart grid melalui interface perusahan pembangkit listrik untuk mendukung keamanan layanan "end-to-end smart grid, yaitu antara penyedia layanan dan rumah-rumah.


(Sumber :ITU, Smart Grid TMC Net | Foto/Gambar: www.electronicdesign.com & Orlando Smart Grid)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget