Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Senin, 22 Februari 2010

Arab Forum Tingkatkan Proteksi & Integrasi Infrastruktur TIK Publik & E-Exchanges


Serangkaian agenda strategis mengisi perhelatan penting ini termasuk sejumlah tema :
1.E-signature and Public Key Infrastructure
2.Legal and Institutional Aspects and Solutions of Public Key Infrastructure
3.Cyber Security, Protection of Data Infrastructure and Securing of E-exchanges


Arab Organisation of Information and Communication Technologies (AOICT) belum lama ini di Tunisia menggelar Arab Forum dengan tema :"Security of E-exchanges and Public Key Infrastructure" yang berupaya menjawab kebutuhan negara-negara Arab di sektor pertukaran data elektronik dan Public Key Infrastructure. Pertemua ini mempertemukan para pakar sertifikasi, e-security, e-trade dan e-exchanges


AOICT dibentuk oleh Liga Arab (Arab League) dan mendapat dukungan penuh oleh Islamic Development Bank, dan sebagai rekomendasi, Arab Forum aeperti disitat dari GlobalArabNetwork (31/1/2010) mengeluarkan sebuah komunike untuk memberikan garansi saling mengakui antarstruktur sertifikasi elektronik negara-negara Arab dan juga dengan belahan dunia lainnya.

Seluruh peserta Arab Forum diajak bergabung untuk menggunakan sistem-sistem komputer, mengkoordinasi berbagai kebijaksanaan keamanan dan terlibat dalam upaya menormalisasi area berkomputer yang aman dan pertukaran dara elektronik di level internasional. Arab Forum pun merekomendasikan pemuktahiran keamanan an berkomputer untuk mendukung promosi e-trade dan m-trade dan melakukan koordinasi upaya dan penerapan perundang-undangan "Cyber Crime" di seluruh negara Arab.


Pertemuan Tunisia pun mengupayakan harmonisasi dan penyesuaian berbagai perundang-undangan yang mengatur e-Signature dan sertifikasi mengacu ke standard yang dianut European Union untuk mempermulus terciptanya integrasi regional, koordinasi di tingkat lokal, regional dan di berbagai level internasional


Sekretaris Negara Tunisia yang membidangi TI,Internet dan Freeware,Lamia Chaffai Sghaie memberikan ulasan bagaimana Tunisia berupaya melakukan modernisasi seluruh infrastruktur telekomunikasi, dan memastikan Tunisia tak tertinggal dengan berbagai dinamika kemajuan teknologi global.


Lamia pun mengungkapkan sejumlah inisiatif yang dijalankan oleh negaranya untuk membangun berbagai e-Services berbasiskan e-certification dan komputer yang aman di sektor pajak, transaksi keuangan dan e-Government Secara keseluruhan.

Serangakaian agenda strategis mengisi perhelatan penting ini termasuk sejumlah tema :


1.E-signature and Public Key Infrastructure
2.Legal and Institutional Aspects and Solutions of Public Key Infrastructure
3.Cyber Security, Protection of Data Infrastructure and Securing of E-exchanges


Menteri Teknologi Komunikasi Tunisia, Mohamed Naceur Ammar menegaskan bahwa Tunisia akan menciptkan berbagai peluang terbaik yang akan ditawarkan ke sektor ICT untuk mengkonsolidasi berbagai kemampuan; ekonomi, sosial dan budaya.



(Global Arab Network |www.tunisie.gov.tn | Martin Simamora)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget