Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Jumat, 22 Januari 2010

Dubai Lakukan Survei Tingkat Kepuasan Departemen Terhadap Sistem Perencanaan eGov


Konstruksi e-Government memang berpusat di lingkup pemerintah tetapi tujuan akhirnya bukan pada bagaimana teknologi mampu memodernisasi proses birokrasi dan pelayanan publik semata, tetapi berpuncak pada bagaimana masyarakat semakin diuntungkan atau "Public Centric". Hal ini hanya akan tercapai jika departemen atau badan pengguna eGov dapat menerapkannya dengan baik dan memuaskan. Pengukuran pada lingkup departemen terhadap penggunaannya perlu dilakukan sebagai bagian kontrol implementasi e-Government, apakah menuju pada sasaran yang ditetapkan ataukah menyimpang. Dubai belum lama ini melakukan survei untuk mengukur tingkat kepuasan departemen dalam menerapkan perencanaan eGov yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Survei dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan seluruh departemen terhadap Government Resource Planning (GRP). GRP adalah sebuah sistem yang memungkinkan seluruh departemen di Dubai melakukan optimalisasi terhadap kinerja TI melalui sentralisasi berbagai solusi yang menjalankan semua fungsi finansial, logistik dan operasional administrasi dan untuk melacak pemuktahiran HRD.

Survei telah dilaksanakan untuk membantu mengukur tingkat kepuasan seluruh departemen pemerintah yang menjalankan berbagai layanan yang disediakan oleh sistem GRP. Tujuan lain adalah memuktahirkan dan mengembangkan kualitas layanan yang diproduksi oleh keseluruhan departemen dilingkup pemerintahan Dubai, mengukur kapasitas pengetahuan PNS di berbagai departemen berkait dengan berbagai layanan online yang dihadirkan oleh departemennya, mengukur jumlah pengguna layanan online dan menjaga terbangunnya sebuah kanal komunikasi yang terbuka yang akan memperkuat relasi antara eGovernment Dubai sebagai pembuat teknologi eGov dengan semua departemen pengguna.


Ahmed Bin Humaidan, Director General of Dubai eGovernment seperti disitat dari AmeInfo (13/1) berkomentar:" Proyek ini telah diluncurkan untuk mengukur tingkat kepuasan seluruh departemen lokal di keemiran Dubai, ini pun selaras dengan berbagai upaya kami untuk memuktahirkan komunikasi dan kerjasama dan puncaknya mencapai sebuah integrasi yang menyeluruh dengan semua departemen tersebut sebagai ketentuan yang harus dipenuhi agar terwujud berbagai pelayanan dan solusi yang terintegrasi. Lebih jauh lagi, kami sedang mengupayakan terciptanya sebuah "best practice" dan kualitas berstandard tertinggi untuk mengembangkan sebuah platform bersama atau "Unified Platform" yang akan menyediakan akses ke data terdokumentasi berkualitas standard dan doukumentasi yang berstandard. Pada tahap ini, kami kemudian akan mengembangkan mekanisme kerja sama, mengevaluasi berbagai inisiatif yang telah dilaksanakan dan menjembatani berbagai kesenjangan implementasi yang akan mendukung proses transformasi elektronik (eTransformation) di keemiran ini."


Survei dilakukan secara online terhadap 15.000 pengguna dari 25 departemen lokal yang telah mengadopsi sistem GRP. Survei akan menilai berbagai layanan yang ditawarkan melalui sistem GRP yang dibangun oleh Dubai eGovernment yang akan mendukung pengembangan kualitas layanan publik yang lebih baik di seluruh departemen.


Dubai eGovernment melakukan survei dalam 4 tahapan. Tahap pertama melibatkan proses pengumpulan data berkait dengan sistem GRP dan menentukan kriteria terhadap user yang terukur sebagai yang puas. Tahap kedua merancang 2 jenis kuesioner dalam bahasa Arab dan Inggris yang ditujukan pada 2 segmen responden; kuesioner pertama ditujukan kepada semua pegawai (PNS) pengguna modul-modul spesifik sistem GRP termasuk modul; keuangan, penggajian dan HRD, sementara kuesioner kedua ditujukan kepada PNS yang menggunakan GRP Self Service seperti; portal rekrutmen pegawai dan sistem HR Self Service. Tahap Ketiga meliputi implementasi aktual survei online dimana partisipan dapat mengakses sebuah tautan/link spesifik agar dapat mengikuti survei dengan lengkap. Selanjutnya semua data akan dianalisa dan hasilnya akan terungkap pada tahap keempat.


(Foto/gambar : Dubai Tower www.burjdubaiskyscraper.com)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget