Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Rabu, 28 April 2010

Malaysia Luncurkan Malaysian Anti-Corruption Commission


Mengacu kepada peringkat korupsi yang dikeluarkan oleh Transparansi Internasional, Malaysia adalah salah satu negara di kawasan Asia Pasifik yang dinilai memiliki komitmen menonjol untuk memerangi korupsi di semua lini, dan Malaysia berupaya memperbaiki kualitas perang total melawan korupsi dengan diresmikannya Malaysian Anti-Corruption Commission.

Tindakan tegas harus diambil terhadap pegawai pemerintah yang didapati terlibat dalam berbagai praktik korupsi, ujar Sekretaris Utama Pemerintah Tan Sri Mohd Sidek Hassan. Sidek seperti dikutip Plaza eGov melalui thestar.com.my (27/4/2010) menyatakan semua kepala departemen cenderung memberikan kesempatan kedua kepada pegawainya yang karena kecerobohan atau dengan sengaja melanggar berbagai peraturan dalam pengelolaan dana-dana publik, jelasnya.Malaysia menghadapi kendala yang cukup serius dalam memerangi korupsi di lingkungan departemen, dalam sebuah laporan dinyatakan : para pemimpin di berbagai kementerian enggan untuk menindak bawahannya karena khawatir tindakan yang diambil berada diluar wewenang.

Saat peresmian MACC di Putrajaya pada Senin (26/4/2010), semua pejabat pemerintah dari berbagai instansi mengucapkan sumpah untuk memerangi korupsi. "Sejumlah pegawai pemerintah yang korup telah memberikan nama jelek kepada kita semua, sehingga apa perlunya kita memberikan toleransi kepada mereka,"tegas Sidek saat konfrensi press peresmian MACC.Deputi Direktur MACC George Town, Penang menyatakan komisi ini telah menahan 6 orang yang menerima gratifikasi pada Januari 2009, dan telah memantau 20 orang lainnya yang dituduh menerima suap. Direktur MACC Shal Alam,Datuk Jaafar Mahad, menyatakan hanya satu dari sepuluh kasus korupsi yang dilaporkan, sehingga di benak masyarakat terbangun persepsi bahwa suap bukanlah hal yang salah tetapi lazim.


"Banyak kelompok masyarakat yang berpikir dengan memberi suap kepada pegawai pemerintah akan membantu mempercepat proses administrasi ujar Datuk Jaafar Mahad saat membuka kampanye Anti Korupsi di Tingkat negara.


MACC di Kota Baru kini siap memasuki investigasi kasus-kasus korupsi pada tingkat tinggi yang melibatkan Mentri Besar Kelantan Datuk Nik Abdul Aziz Nik Mat dan menantunya Abdul Ariffahmi Abdul Rahman, menindak lanjuti arahan Attorney-General’s Chambers.

Sementara di Ipoh, Perak, MACC akan melangkah ke upaya pemulihan persepsi negatif bahwa masyarakat berlawanan aparatur negara, ujar Nooraziah Abd Manaf, Direktur MACC Ipoh.Indonesia memiliki instrumen strategis sejenis dengan Malaysia, untuk memerangi korupsi yaitu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) namun berbeda dengan MACC yang memiliki cabang-cabang di daerah, KPK hanya ada di pusat. Indonesia juga terus bertarung untuk memerangi korupsi terutama kasus-kasus besar yang pelik dan membutuhkan integritas, komitmen dan keberanian yang tak main-main.

(Martin Simamora)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget