Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Senin, 05 April 2010

ASEAN Masuki Pembahasan Integrasi Finansial & Moneter


Upaya membangun dan mewujudkan ASEAN Economic Comunity (AEC) makin mendalam dan salah satu titik krusial yaitu Integrasi Keuangan negara-negara anggota ASEAN akan menjadi agenda utama dalam Pertemuan Menteri-Menteri Keuangan ASEAN ke-14 di Kota Nha Trang yang berlangsung dari tanggal 5-8 April, jelas Menteri Keuangan Vietnam Tran Xuan Ha Jumat (26/3/2010) kemarin.


Seputar Integrasi ASEAN :

+ Kemajuan ASEAN Economic Community


Pokok agenda terpenting adalah pertukaran kebijakan ekonomi makro dan review berbagai aktifitas finansial ASEAN. Para menteri keuangan akan bertemu pada pembahasan Integrasi Keuangan dan Moneter di antara negara-negara anggota ASEAN dan usulan pembentukan sebuah Infratruktur ASEAN Pendukung Dana untuk memperkuat mobilisasi modal untuk investasi infrastruktur di kawasan ASEAN.



Pada pertemuan para menteri keuangan ASEAN juga akan membuat sebuah rencana yang akan memberikan perbaikan koordinasi berbagai kebijakan untuk menjamin pertumbuhan ekonomi yang stabil, jelas Ha dilansir dari vietnamnews.vnagency.com.vn.Langkah-langkah untuk memperkuat kerjasama dalam bidang; asuransi, pajak, bea dan cukai, dan investasi pada program-program promosi akan menjadi bagian agenda pertemuan.


ASEAN juga pada tanggal 5-7 April akan melakukan dua pertemuan setingkat Deputi menteri untuk mmenyusun sebuah laporan yang akan disampaikan dalam AFMM14 dan Pertemuan Menteri Keuagan ASEAN+3 yang akan diselenggarakan di Uzbekistan di akhir 2010.


ASEAN Finance Minister Meeting 14 juga diharapkan akan menandatangani sebuah protokol pada amandemen ASEAN Harmonised Tariff Nomenclature dan usulan langkah-langkah untuk memperbaiki kompilasi statistik dan deklarasi barang-barang ekspor diantara negara-negara anggota ASEAN.

(Martin Simamora)




Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget