Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Rabu, 03 Februari 2010

Indonesia National Single Windows, Program e-Government Nasional Unggulan

Implementasi NSW yang penerapannya bersifat wajib atau mandatory dan melibatkan 7 kementerian telah dimanfaatkan oleh 20.000 importir. Sistem NSW kini diterapkan di 5 pelabuhan Indonesia dan akan menjadi bagian integral Asean Single Windows,dan salah satu program e-Government yang unggul.

NSW seperti diberitakan sebelumnya telah beroperasi di lima pelabuhan; Tanjung Priok, Tanjung Emas, Tanjung Perak, Pelabuhan Belawan, dan Soekarno Hatta. NSW sebagai sebuah sistem kepabeanan elektronik kini telah dimanfaatkan oleh banyak importir. "Ada 20 ribu importir lebih dan 1.300 PPJK sudah memanfaatkan NSW," kata Sri Mulyani dalam sambutannya pada acara peresmian Penerapan secara Mandatory Sistem NSW di Jakarta, Jumat (29/1) lalu.


Sistem NSW telah dirintis penerapannya pada tahun 2006 lalu dengan membentuk Tim Persiapan NSW dan ujicoba pertama kali di Pelabuhan Batam. Asean single Window (ASW) adalah sistim pelayanan elektronik untuk mengurus dokumen kepabeanan dan kepelabuhan dalam akitivitas ekspor-impor negara-negara Asean sehingga tidak ada lagi pelayanan impor yang dilakukan secara manual. NSW pun akan diperluas hingga ke seluruh pelabuhan dan bandara internasional di seluruh Indonesia.

NSW merupakan bagian dari pelaksanaan program e-Government yang meliputi tujuh program. "Dari ketujuh program tersebut, ternyata pembangunan dan penerapan sistem NSW tergolong yang paling maju pencapaiannya,"jelas Hatta Rajasa.

----------------------------------------------------------------------------------




Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget