Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 02 Februari 2010

Pemerintah Inggris Luncurkan "web Page Reporting Online" Untuk Tangkal Terorisme


Pemerintah Inggris baru-baru ini meluncurkan sebuah skema layanan publik berbasis website yang memungkinkan masyarakat melaporkan berbagai aktivitas atau pun berbagai material di internet yang dicurigai berkait dengan terorisme.

Pemerintah melalui sebuah departemen bernama Home Office telah meluncurkan layanan berbasis website yang memungkinkan masyarakat melaporkan kepada pihak kepolisian berbagai hal yang dicurigai dapat mendatangkan ancaman keamanan dalam negeri, sekaligus sebagai sebuah perlawanan terhadap upaya teroris yang berupaya mengeksploitasi kemajuan teknologi dalam berbagai tindak teror.

Sebuah webpage DirectGov akan ditautkan dengan tim baru kepolisian nasional Inggris yang tergabung dalam Association of Chief Police Officers (ACPO)Prevent Delivery Unit, yang dapat melakukan investigasi terhadap seluruh website kelompok-kelompok terorist. Apabila sebuah website terindikasi mengandung konten ilegal, maka petugas kepolisian dapat menggelar kekuatan sebagaimana diamanatkan Terrorism Act 2006 seksi 3.

Menteri Keamanan Lord West, seperti disitat dari PublicTechnology (1/2) berujar:"Kami ingin melindungi seluruh masyarakat yang berisiko terhadap ancaman terorisme dan akan mengupayakan menyingkirkan seluruh material yang bertentangan dengan hukum," jelasnya. Hal ini juga meliputi memberdayakan individual untuk mengatakan kepada masyarakat bagaiamana seharusnya membangun perlawanan masyarakat terhadap berbagai materi yang mengancam kepentingan publik, bahkan sekalipun terbilang legal.

Internet jelas bukanlah forum yang bertentangan dengan hukum dan seharusnya mencerminkan hukum dan penerimaan yang selaras dengan nilai-nilai yang berlaku di dalam masyarakat.Assistant Chief Constable John Wright, national coordinator for Prevent berujar:"Masyarakat memiliki peran penting untuk mencegah serangan terorisme dan berbagai tindak kriminal melalui internet, dan kami pun mendorong masyarakat untuk menyerahkan material yang dinilai berbahaya kepada polisi melalui "web page reporting online.

john mengingatkan, bila internet digunakan dengan cara yang tepat maka akan berfungsi positif secara luar biasa sebagai alat komunikasi, artinya pun demikina
dengan teroris dan pelaku kejahatan lain dapat dengan tepat menggunakannya untuk tujuan jahat. Web Page ini pun akan melengkapi masyarakat dengan panduan pencegahan dan menyediakan software filter untuk menangkal konten jahat.


(Foto/Gambar Ilustrasi : www.thesource.com/media/2009/04/mapofinternet.png)
----------------------------------------------------------------------------------


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget