Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Kamis, 11 Februari 2010

Data.gov.uk Cara Inggris Membangun Transparansi & Aksesibilitas Publik

Peluncuran data.gov.uk mewujudkan sebuah komitmen besar untuk mengedepankan "garda utama" penyelenggaraan pemerintahan yang telah diumumkan oleh Perdana Menteri pada bulan Desember 2009 lalu yaitu :menciptakan sebuah pemerintahan yang lebih cerdas atau "Smarter Government", sebuah pemerintahan yang lebih mengedapankan kemudahan bagi masyarakat dan meningkatkan ekonomi publik.


Pemerintah Inggris kini sebuah website: Data.gov.uk yang dirancang sebagai akses online utama untuk data pemerintah yang bersifat umum. Data.gov.uk dirancang oleh Sir Tim Barners Lee, sang penemu World Wide Web (WWW).

Data.gov.uk merupakan proyek terbaru Tim yang belum lama ini diresmikan (21/1) setelah pengembangannya yang memakan waktu berbulan-bulan. Website ini akan meningkatkan transparansi dan aksesibilitas masyarakat terhadap pemerintah untuk data yang bersifat "non personal".

Data.gov.uk dibangun oleh Tim Barners dan Professor Nigel Shadbolt berdasarkan penugasan yang dikeluarkan langsung oleh PM Gordon Brown pada bulan Juni 2009 lalu.

Sir Tim Berners-Lee berujar:"Membuat data publik dapat diakses dan dimanfaatkan adalah upaya meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dan memperbolehkan masyarakat untuk menciptakan data baru, dan secara inovatif menggunakannya. Data pemerintah haruslah menjadi sebuah 'public resource" dan dengan merilisnya, kita dapat menciptakan ide-ide baru untuk menyajikan berbagai bentuk pelayanan publik, membantu seluruh lapisan masyarakat dapat bekerja dengan lebih baik, memberikan peluan kepada para wirausahawan berbakat dan enjiner menciptkan berbagai usaha dan jasa baru." ujar Sir Tim Barners Lee.

Saat ini data.gov.uk yang dirilis masih dalam versi beta, artinya versi yang masih akan terus diperbaiki dan dioptimalkan serta terbuka terhadap saran publik. Direktur Kantor Kabinet yang membidangi "Digital Engagement Twitter feed dan Blog data.gov.uk" akan mengupayakan agar masyarakat pengguna data.gov.uk selalu mendapatkan perkembangan terkini.

Peluncuran data.gov.uk oleh Pemerintah Inggris mewujudkan sebuah komitmen besar untuk mengedepankan "garda utama" penyelenggaraan pemerintahan yang telah diumumkan oleh Perdana Menteri pada bulan Desember 2009 lalu yaitu :menciptakan sebuah pemerintahan yang lebih cerdas atau "Smarter Government", sebuah pemerintahan yang lebih mengedapankan kemudahan bagi masyarakat dan meningkatkan ekonomi publik.

Profesor Nigel Shadbolt menyatakan:"Hari ini menandai sebuah langkah maju yang penting dalam kerja pemerintahan Perdana Menter yang telah meminta kami mewujudkan data.gov.uk, sebab akan memberikan akses kepada publik dan meletakan kerangka dasar bagi pengembangan lebih lanjut. Dalam minggu-mingu dan bulan mendatang kami akan memperlengkapi website dengan lebih banyak fungsi lagi. Kami telah menjalin kerjasama dengan berbagai departemen, instasi dan otoritas lokal agar dapat menampilkan lebih banyak data sepanjang waktu, dan kami ingin menyajikan data publik sebagai aktivitas yang lazim (business as usual) yang melibatkan antardepartemen sebagaimana yang dijabarkan dalam :"Smarter Government".

(Public Technology | Martin Simamora)




Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget