Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Jumat, 30 April 2010

Portugal Masukan Sejumlah Software Open Source Dalam Katalog Procurement


Sebuah badan pemerintah khusus Portugal yang menangani proses procurement atau pengadaan barang dan jasa pemerintah telah mengeluarkan daftar aplikasi-aplikasi Open Source yang diklaim sangat cocok digunakan untuk berbagai proses administrasi publik, aplikasi-aplikasi tersebut tercantum dalam katalog procurement resminya.

Aplikasi-aplikasi Open Source terpilih tersebut kini terdaftar di dalam Katalog pengadaan barang dan jasa Pemerintah, diterbitkan oleh Otoritas Procurement Pemerintah Portugal : AgĂȘncia Nacional de Compras PĂșblicas, ANCP, diantaranya adalah ;database management system MySQL, content management system Alfresco, email server Scalix, sistem-sistem operasi server dan desktop ;Red Hat Linux dan Ubuntu Linux.

Katalog Software Procurement seperti dikutip Plaza eGov melalui Osor.eu (27/4/2010) adalah sebuah referensi panduan produk-produk berkualitas, dan ditujukan untuk mempermudah berbagai administrasi publik memilih berbagai produk dan jasa yang baik, dapat diakses secara online, namun hanya dapat dilakukan oleh pegawai pemerintah.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Open Source, ESOP mendorong pemerintah menerbitkan daftar saat-saat bersejarah ini. Dalam sebuah pernyataan resmi beberapa waktu lalu ESOP menyatakan :"Untuk kali pertama dalam sejarah sektor pengadaan barang dan jasa Portugal menerbitkan katalog yang berisikan informasi produk termasuk software Open Source. Software Open Source yang tercantum dalam katalog akan memungkinkan penyelenggara administrasi publik menggunakan software berkualitas dengan harga-harga yang lebih murah.

Semua anggota ESOP dapat menawarkan berbagai layanannya untuk semua aplikasi Open Source yang telah disetujui oleh ANCP.


(Martin Simamora)


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget