Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Jumat, 23 April 2010

Indonesia Sepenuhnya Digital 2018


Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Tifatul Sembiring mengungkapkan, seiring dengan derap laju teknologi informasi dan komunikasi terutama media elektronik yang mengarah ke digital, maka mulai 2011 mendatang mulai dilakukan peralihan sehingga Indonesia sepenuhnya bersiaran dalam format digital pada 2018 mendatang.


Seputar Kementerian Komunikasi & Informasi Republik Indonesia


Menteri mengungkapkan hal itu dalam Dialog Interaktif dengan Bali TV pada Selasa (20/4/2010) kemarin."Tahun 2011 mulai dilakukan peralihan sistem hingga nanti tahun 2018 semua media akan menggunakan sistem digital, tidak ada lagi analog," jelasnya.
Tifatul menjelaskan dengan sistem digital maka efisiensi penggunaan spektrum frekuensi yang ada dan terbatas dapat dilakukan secara optimal. Sistem digital memungkinkan satu frekuensi dapat dibagi lagi menjadi enam atau dengan kata lain satu frekuensi dapat digunakan oleh banyak media digital. Dalam hal ini maka kompetisi yang sehat menjadi pijakan utama.Pemerintah juga menjadikan ICT sebagai pemersatu nusantara melalui Palapa Ring dengan jaringan fiber optik yang akan berguna bagi kepentingan masyarakat Indonesia termasuk untuk penyelenggaraan pemilihan umum.''Kami mengacu pada sistem SIN dan SIAK yang berbasis ICT. Selain itu, kami juga berkoordinasi dengan KPU dalam pelaksanaan pemilu,'' tegas mantan Presiden PKS ini seraya mengatakan, dalam dua tahun ini sambungan kabel fiber optik akan sampai di Papua.


(Bali TV | Martin Simamora)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget