Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Rabu, 16 Juni 2010

Presiden Obama Dukung Penuh Implementasi Komputasi Awan

Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama telah mengeluarkan sebuah memo yang mendukung penuh penggunaan teknologi komputasi awan di lingkungan pemerintah, merespon pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh House Committee terkait dengan berbagai implikasi keamanannya.

House of Committee yang membidangi Oversight and Government Reform mempertanyakan keuntungan-keuntungan dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh pemerintah dalam melakukan transisi besar menuju komputasi awan, terutama kesiapan berbagai pengamanan yang harus tersedia untuk menjamin proses transisi berjalan dengan baik.

Pemerintah Amerika Serikat dibawah kepemimpinan Presiden Obama pada September 2009 lalu membuat Federal Cloud Computing Initiative (FCCI), yang bertujuan memodernisasi sistem IT pemerintah federal senilai USD 76 miliar. House Committee juga menyurati Cloud Computing Executive Steering Committee (CCESC) yang diketuai oleh Casey Coleman, CIO General Services Administration (GSA) untuk meningkatkan perhatiannya sebab hingga kini tidak ada prosedur-prosedur dan kebijakan-kebijakan yang dibaut khusus untuk Cloud Computing. Hingga kini belum ada standar-standar yang dikembangkan untuk ; keamanan, interoperability, atau portabilitas data, demikian juga rencana final implementasi kompoutasi awan di seluruh pemerintahan juga belum tersedia.

Ketua House Oversight Committee Edolpus Towns beserta ketua Sub Komite Government Manajemen, Organization and Procurement dilansir dari publictechnology.net melalui surat resmi menuliskan :" Sementara ada banyak argumen yang sangat meyakinkan bagi pemerintah federal untuk segera menggunakan komputasi awan, namun teknologi ini merupakan konsep yang baru. Sehingga ada banyak pertanyaan dan perhatian terhadap pemerintah federal yang berencana menggunakan komputasi awan. Komite sedang melakukan pemeriksaan terhadap isu-isu dan bermalsud mengadakan dengar pendapat atas berbagai resiko dan potensi manfaat penerapan komputasi awan."

Namun Presiden Obama sangat yakin untuk mendorong agar penerapan komputasi awan segera dilakukan, mengeluarkan memo pada minggu lalu yang memerintahkan semua badan federal untuk mengakselerasi upayanya untuk menyusun rencana-rencana untuk menyingkirkan properti yang berlebihan, termasuk data center." Pada upaya-upaya terdahulu untuk mengurangi aset-aset properti pemerintah federal yang berlebih telah memberikan penghematan yang kecil dan hanya berdampak kecil pada kondisi dan performa properti yang berfungsi pada misi-misi ktitikal." ujar Obama.

(Martin Simamora)


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget