Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Rabu, 16 Juni 2010

E-Gov & ICT China (4) : Pola Pembangunan Lima Tahun Pilar Pembangunan Infrastruktur ICT Nasional

National People's Congress (NPC) pada Maret 2006 melakukan tinjauan dan mengadopsi program pembangunan yang terkandung di dalam Rencana Pembangunan Lima Tahun tahap ke 11 yang berfokus pada Pembangunan Ekonomi dan Sosial yang menekankan percepatan dan integrasi semua jaringan telekomunikasi, radio, televisi dan internet untuk membangun internet masa depan dan mengakselerasi aplikasi komersialnya.

Pemerintah China pada April 2007 melangkah ketahap yang sangat vital dan strategis, Biro Politik CPC Central Committe memutuskan untuk membangun budaya industri Cyber dan berbagai fasilitas produksi yang relevan. CPC pada Kongres Nasional ke 17 Oktober 2007 mengembangkan strategi "pembangunan sistem industri moderen, mengintegrasikan aplikasi IT dengan industrialisasi, mengubah orientasi industri dari orienstasi skala menjadi industri berorientasi penguatan."

State Council pada Januari 2010 juga memutuskan untuk mengakselerasi semua jaringan telekomunikasi,radio, televisi dan internet sebagai upaya untuk mempromosikan pembangunan industri-industri informasi dan budaya. Pemerintah China telah mendedikasikan dukungan penuh dan mendefinisikan kebijakan pelaksanaannya, dan kini internet telah menjadi pemeran penting dalam pembangunan yang komprehensif, berkelanjutan dan cepat di China.Pemerintah China seperti dilansir dari peopledaily.com (8/6/2010) telah menyuntikan dana dalam jumlah yang sangat besar untuk membangun infrastruktur internet. Pada periode 1997-2009 pemerintah telah mengeluarkan dana sebesar 4,3 triliun yuan untuk membiayai investasi jaringan komunikasi serat optik nasional sepanjang 8,267 juta kilometer, termasuk didalamnya kabel-kabel optik komunikasi jarak jauh sepanjang 840.000 kilometer.

Pada akhir 2009 perusahaan-perusahaan telekomunikasi utama di China memiliki 136 juta port akses internet broadband dan saluran internasional berkecepatan 866,357 Gbps, dengan 7 jaringan kabel bawah laut dan 20 jaringan kabel di daratan dan memiliki kapasitas kombinasi lebih dari 1,600 Gb. Fasilitas sebesar ini menjamin ketersediaan akses internet bagi 99,3% penduduk China di perkotaan dan 91,5% penduduk pedesaan, dan akses broadband untuk 96,0% warga perkotaan. Pemerintah China pada Januari 2009 lalu telah mulai mengeluarkan lisensi-lisensi layanan telekomunikasi mobile 3G. Saat ini jaringan 3G telah mencakup hampir semua wilayah di China.

~bersambung~

(Martin Simamora)


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget