Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 15 Juni 2010

E-Gov & ICT China (3) : Pola Pembangunan Lima Tahun, Strategi Membangunan Ekonomi Berbasis ICT & E-Government

Pemerintah China telah menempatkan internet sebagai sebuah peluang penting untuk mempercepat reformasi dan transparansi berbagai kebijakan pemerintah dan modernisasi. Untuk mewujudkannya, pemerintah telah menjalankan serangkaian kebijakan untuk membangun internet, mendefinisikan berbagai prioritas untuk mengakselerasi berbagai aplikasi IT di seluruh negeri.

Internet memiliki peran sentral di negeri berpenduduk terbesar di dunia ini ketika pemerintah Amerika Serikat dan China melalui Sino-US Joint Committee of Science and Technology melakukan pertemuan di Washington pada April 1994, saat itu pewakilam China dan National Academy of Science Amerika Serikat mencapai kata sepakat mengenai akses internet China. Pada 20 April 1994 sebuah jaringan percontohan untuk kepentingan pendidikan dan riset ilmiah terhubung ke internet melalui kabel khusus 64K di distrik Zhongguancun. Koneksi ini menandai kehadiran akses internet formal di China.

Satu tahun sebelem peristiwa penting ini, pemerintah China mengadakan sebuah pertemuan : State Economic Informationization Joint Meeting untuk memimpin pembangunan sebuah jaringan nasional informasi ekonomi publik. Pada 1997 pemerintah telah memformulasi Rencana Pembangunan Lima Tahun tahap ke sembilan untuk mewujudkan target jangka panjang 2010 dan informasi negara, yang menempatkan internet sebagai bagian infrastruktur informasi nasional, dan menetapkan target pengembangan ekonomi nasional berbasis teknologi dan informasi (informationization economy) dengan membangun industri internet yang tangguh.

Pada 2002 pada rencana khusus "informationization" sebagaimana yang dicanangkan dalam Rencana Pembangunan Lima Tahun tahap ke sepuluh untuk Pembangunan Sosial dan Ekonomi Nasional, yang menetapkan berbagai prioritas pembangunan pemerintah China yang meliputi promosi e-Government, pembangunan industri software dalam negeri yang kokoh, memperkuat pembangunan dan pemberdayaan sumber-sumber informasi, dan mempercepat pembangunan e-Commerce.

Partai berkuasa China : Communist Party of China (CPC) pada November 2002 dalam Kongres Nasional ke 16 menetapkan target : "penggunaan IT untuk mendorong industrilisasi, yang pada gilirannya akan menstimulus aplikasi IT, menciptakan jalan baru bagi industrilisasi."

Pemerintah China pada November 2005 berhasil merancang State Informationization Strategy (2006-2020), yang menjelaskan lebih terinci prioritas-prioritas pembangunan internet seperti mempromosikan pembangunan ekonomi nasional berbasis teknologi dan informasi ( national economic informationization) serta melakukan penyesuaian terhadap struktur ekonomi nasional dan mentransformasi pola-pola pertumbuhan ekonomi nasional, membangun e-Government dan memperbaiki kapabilitas pemerintahan, menerapkan layanan-layanan sosial berbasis teknologi informasi dan komunikasi serta membangun sebuah harmoni di dalam masyarakat.

~bersambung~

(Martin Simamora | peopledaily.com)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget