Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Senin, 14 Juni 2010

E-Gov & ICT China (2): Web Portal gov.cn Jangkau 400 juta Warga China

Web portal pemerintah China gov.cn adalah website yang paling banyak dikunjungi dan setidaknya menjangkau 404 juta warga pengguna internet. Web portal yang dioperasikan sejak 1 Januari 2006 merupakan langkah yang besar dan dirancang sebagai sebuah penyedia informasi yang bersifat repositori untuk informasi kebijakan,para pemimpin politik dan penyampaian berita-berita pemerintah.

Gov.cn juga menjadi instrumen Pemerintah China untuk mendorong transparansi, akuntabilitas, dan menyerap harapan rakyat ke dalam pembuatan kebijakan. Portal juga berperan sebagai jembatan yang menghubungkan website-website pemerintah daerah dan penghubung bagi masyarakat ke berbagai departemen seperti pajak dan layanan tenaga kerja.

Sejumlah fitur baru telah ditambahkan sejak kali pertama diluncurkan untuk membuat web portal tersebut menjadi lebih interaktif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat, dan kini memiliki 4,52 juta pege views (web dalam bahasa mandarin yang disederhanakan memiliki page views :4,2 juta, versi bahasa mandarin tradisional memiliki page views 230.000 dan versi bahasa Inggris memiliki page views di kisaran 83.000.

Portal gov.cn dalam bahasa Inggris dirancang untuk membantu warga asing di China untuk memahami China dengan lebih baik. Pada versi ini penggunjung web dapat memperoleh informasi mengenai para pejabat pemerintah di tingkat pusat dan lokal, mengenal struktur pemerintahan China, sejarah China, hukum-hukum dan kebijakan, melihat laporan cuaca, informasi perjalanan dan berita-berita terkini mengenai bencana alam, mendapatkan saran-saran bagaimana berbisnis di China dan mengajukan visa, dan melihat berbagai foto dan video tentang seni budaya dan tempat-tempat bersejarah.

(Martin Simamora)


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget