Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 22 Juni 2010

23 Institusi Akan Menerima United Nations Public Service Awards

United Nations atau Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 23 Juni 2010 akan memberikan penghargaan : UN Public Service Awards kepada 23 institusi dari berbagai negara atas keberhasilannya menerapkan pelayanan publik terbaik. Seromonial UN Public Service Awards juga disertai UN E-Government Special Awards.

Sebuah inisiatif yang dijalankan oleh pemerintah India yang memungkinkan warganya untuk menyuarakan secara langsung berbagai keluhan ke Chief Minister dan menerima jawabannya dengan cepat sebagai sebuah layanan pemerintah di tingkat pemerintah pusat akan menerima penghargaan United Nations, jelas pejabat UN di Bahrain.


United Nations Information Center di Manama, Bahrain menyatakan, organisasi yang menjalankan inisiatif tersebut adalah salah satu dari 23 institusi yang akan menerima award sebagai sebuah pengakuan atas keberhasilannya memberikan pelayanan publik yang terbaik, serta berbagai capaian kreatif dalam mengembangkan administrasi-administrasi publik yang efektif dan responsif.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Ban Ki-moon dalam pesannya menyatakan, "Sepanjang tahun ini pada kompetisi United Nations Public Service, kita dapat melihat berbagai inovasi terjadi di seluruh dunia." Salah satu pemenang adalah sebuah program yang memampukan para pelajar tingkat menengah dan pengajar di Italia secara aktif terlibat dalam proses pembuatan hukum dan kebijakan di parlemen lokal.

Untuk tahun ini United Nations Public Service Day and Awards diselenggarakan jauh dari markas PBB, tepatnya diselenggarakan oleh Barcelona bersama dengan pemerintah Catalonia, Spanyol. Direktorat Jenderal Partisipasi Sipil pemerintah Caralonia adalah pemenang UN Public Service Award 2008.

UN Pubic Service Award akan diberikan di hari terakhir, hari ketiga Pertemuan Internasional Peran Pelayanan Publik dalam Mewujudkan Milenium Development Goals (MDGs). Pertemuan diharapkan dapat menghasilkan berbagai rekomendasi, bagaimana mempromosikan inovasi di pemerintah dan para partisipan akan saling berbagi pengalaman terbaiknya, termasuk bagaimana teknologi-teknologi dan berbagai inovasi diterapkan di seluruh dunia untuk menolong upaya mewujudkan berbagai target yang telah disepakati, termasuk MDGs.

23 institusi - pemenang yang akan menerima Public Service Award berasal dari ;

1. Albania
2. Australia
3. Bahrain
4. Brazil
5. Kanada
6. Jerman
7. Jepang
8. India
9. Italia
10. Korea
11. Libanon
12. Oman
13. Saudi Arabia
14. Tanzania
15. Tunisia

Masing-masing pemenang memiliki keistimewaan tersendiri dalam kreatifitas dan inovasi dalam memberikan pelayanan publik, transparansi, akuntabilitas dan kecepatan merespon dalam pelayanan publik dan dalam mendorong kemajuan keterlibatan masyarakat dalam proses pembuatan keputusan. Penghargaan juga diberikan karena pengetahuan manajemen pemerintahan yang dimiliki dan diterapkan.

"Para pemenang telah memperlihatkan dedikasi yang besar untuk menegakan nilai-nilai dan lingkungan pelayanan publik terbaik," ujar Sha Zukang, UN Under-Secretary-General for Economic and Social Affairs, disitat gulfnews.com. "Para pemenang telah memperlihatkan contoh-contoh efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas."

Pada seremoni UN PUblic Service Awards, Perserikatan Bangsa-Bangsa juga akan menganugerahkan United Nations e-Government Special Award kepada 3 negara ; Korea Selatan, Amerika Serikat dan Kanada atau tiga negara pemuncak hasil survei dua tahunan atau biennial UN e-Government Survey, yang mencerminkan ketersediaan; infrastruktur telekomunikasi, kapasitas sumber daya manusia yang excellent, e-Service dan e-Content.

Selain ketiga negara pemuncak peringkat UN e-Government Survey 2010, UN e-Government Special Award juga akan diberikan kepada ; Singapura, Spanyol dan Bahrain, yang tergabung ke dalam 20 negara yang membuat kemajuan signifikan dalam memperbaiki pelaksanaan e-Services dan penguatan keterlibatan masyarakat melalui e-Participation.

E-Government Special Awards juga akan diberikan sebagai penghargaan setiap kawasan, kepada negara yang paling sukses di masing-masing kawasan, yaitu ;

+ Kawasan Afrika : Tunisia
+ Kawasan Amerika : Amerika Serikat
+ Kawasan Asia : Korea Selatan
+ Kawasan Eropa : United Kingdom
+ Kawasan Oceania : Australia

Program UN Public Service Awards mulai diselenggarakan pada 2003 lalu dengan tujuan : memberikan penghargaan kepada pencapaian terbaik dan promosi profesionalisme di sektor pemerintah seluruh dunia. UN Public Service Awards adalah penghargaan yang sangat prestisius yang dapat diikuti oleh; organisasi/instansi pemerintah pada level nasional atau sub nasional, dan berbagai bentuk kemitraan pemerintah-swasta.

UN Public Service Awards memiliki 4 kategori penghargaan ;

+ Kategori I : Improving Transparency
+ Kategori II : Accountability and responsiveness in the public service
+ Kategori III: Improving the delivery of services
+ Kategori IV : Fostering participation in policymaking decisions through innovative mechanisms and advancing knowledge management in government.

(Martin Simamora)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget