Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Jumat, 30 April 2010

Italia : Open Source Tingkatkan Transparansi Pemerintah


Italian Public Administrations kini mempertimbangkan untuk menggunakan software Open Source dan untuk memperkuat adopsi aplikasi Open Source, Italia melalui sebuah konsorsium membentuk Pusat Kompetensi Open Source yang melibatkan sejumlah universitas dan vendor IT.

Menteri Administrasi Publik dan Inovasi seperti dikutip Plaza eGov melalui Osor.eu (21/4/2010) menyatakan: pusat kompetensi Open Source merupakan tindak lanjut Qualipso project yang bertujuan membentuk berbagai pusat kompetensi Open Source di negara-negara Eropa termasuk ; Spanyol, Perancis, China dan Brazil. Pusat Kompetensi akan mengumpulkan berbagai keahlian dan sumber daya untuk kepentingan riset dan inovasi di tingkat nasional dan internasional.

Penggunaan Open Source dapat membantu berbagai layanan publik untuk menyajikan layanan-layanan berbasis elektronik atau e-Services yang berguna bagi masyarakat dan perusahaan-perusahaan. Open Source membantu meningkatkan transparansi pemerintah, sebuah cara untuk menyederhanakan birokrasi dan mempromosikan kerjasama antar instansi pemerintah.

Pusat Kompetensi Open Source Italia telah beroperasi pada Kamis (22/4/2010) dengan fokus pada penggunaan aplikasi Open Source di sekolah-sekolah dan universitas dan diharapkan penggunaannya juga dilakukan dan dikembangkan untuk kepentingan perusahaan-perusahaan skala menengah.

Pusat Kompetensi Open Source Italia adalah sebuah konsorsium nir laba, beroperasi pada skala nasional dan bertujuan untuk menyediakan software dan aplikasi dasar Open Source untuk kepentingan ; sekolah, universitas, dewan kota, rumah sakit, usaha kecil dan menengah untuk mendukung adopsu software Open Source, ungkap sebuah pengumuman yang dipublikasikan oleh Spago- sebuah proyek pengembangan software Open Source untuk aplikasi-aplikasi intelejen bisnis.

Sejumlah universitas terlibat dalam joint-venture Pusat Kompetensi ini yaitu; Insubria University, University of Sannio, University of Bolzano, Engineering Ingegneria Informatica - sebuah perusahaan IT dan salah satu pengembang Spago. Kesemuanya juga terlibat di dalam Qualipso- proyek riset jaringan Open Source.


(Martin Simamora)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget