Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Jumat, 16 April 2010

Amerika Serikat Umumkan Rencana Open Government


Seluruh departemen pemerintah Amerika Serikat termasuk sejumlah agen pemerintah: NASA dan Environmental Protection Agency telah mempublikasikan rencana Open Government, yang diklaim oleh pemerintahan Obama akan membuat semua penyelenggaraan pemerintah lebih transparan dan memberikan ruang partisipasi, kolaborasi dan pengawasan publik yang lebih luas. Open Source hingga Nebula Cloud Computing besutan NASA akan mewarnai Open Government di negeri Paman Sam.

Pemerintahan yang terbuka atau Open Government akan memperkuat demokrasi dan mempromosikan akuntabilitas, efisiensi dan efektifitas seluruh pemerintahan. Pemerintah Amerika Serikat telah mengungkapkan sejumlah inisiatif yang akan dilakukan termasuk: Community Health Data Set yang mencakup data dari Department of Health and Human Services seperti biaya-biaya perawatan kesehatan, kualitas, dan kesehatan masyarakat.

Community Health Data Set juga dapat digunakan dalam berbagai aplikasi seperti peta kesehatan interaktif yang membantu fasilitasi dan pemberian informasi berbagai upaya perbaikan kesehatan. Departemen Energi Amerika Serikat memiliki Inisiatif bernama Open Energy Information Initiative yang akan memmbuat masyarakat luas dapat mengakses semua informasi energi.

Badan antariksa NASA juga telah merancang komitmennya untuk mengadopsi pengembangan software Open Source. NASA mengklaim dengan bermigrasi ke software Open Source, akan meminimalkan hambatan menuju angkasa luar sebab Open Source memungkinkan industri swasta dapat menggunakan berbagai produk NASA.

NASA dilansir oleh PublicTechnology.net (9/4/2010) juga menyiapkan teknologi komputasi yang disebut Nebula Cloud Computing Platform, satu-satunya sistem komputasi awan milik pemerintah Amerika Serikat yang dapat menawarkan sebuah cara yang lebih mudah kepada para ilmuwan dan peneliti NASA untuk berbagi serangkaian data berukuran besar dan kompleks dengan para mitra eksternal dan masyarakat.

Pemerintah Amerika Serikat pada Desember 2009 lalu untuk kali pertama meluncurkan The US Open Government Directive dan memerintahkan semua Chief Technology Information Officer (CTO) pemerintah federal untuk menerapkannya pada tingkat eksekutif melalui peciptaan sebuah "Open Government Dashboard"


(Martin Simamora)




Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget