Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Rabu, 23 Maret 2011

KRISIS NUKLIR JEPANG : Para Insinyur Jepang Belum Siap Menghidupkan 6 Reaktor

Fukushima plan Japan nuclear crisis. Damage to the No.1 Fukushima nuclearheraldsun.com.au
Para insinyur di Reaktor PLTN Fukushima Daiichi telah berhasil menghubungkan seluruh reaktor dengan dengan jaringan listrik, tetapi belum siap untuk menghidupkan dayanya.

Mereka juga dikabarkan dapat mendinginkan kolam penampungan pembuangan bahan bakar nuklir agar tak memanas, sehingga diharapkan mengurangi resiko terlepasnya uap  radioaktif.
A fire engine douses reactor number 3 at
the
Fukushima Daiichi
nuclear
theaustralian.com.aupower


Daya listrik ke Ruang kendali pada salah satu dari 6 reaktor secara parsial telah berhasil dipulihkan- yaitu reaktor no. 3 yang memang menjadi perhatian sangat khsusus dalam krisis ini sebab reaktor ini memiliki potensi yang sangat berbahaya, bercampurnya uranium dan plutonium.

Workers in protective suits spray water at the damaged No. 4 unit of the Fukushima Dai-ichi nuclear complex in northeastern Japan on Tuesday. Photo from TEPCO via Kyodo News.-.thestreet.com

Kolam di PLTN Fukushima Daiichi memanas hingga mendekati titik didih. ditandai dengan air yang bergelembung dan ini situasi ini menunjukan resiko yang lebih besar terjadinya uap radioaktif yang terlepas keluar.
Smoke rises from Unit 3 at the damaged Fukushima Dai-ichi power plant in Japan on Monday, prompting an immediate evacuation.- .thestreet.com



Pejabat Badan Nuklir, Hidehiko Nishiyama menyatakan bahwa batang-batang bahan bakar nuklir sebagian telah terekspos, dan ia menambahkan:"Kita tak dapat mengabaikan ini begitu saja dan kita harus mengatasi hal ini secepat mungkin."

Sementara para insinyur terus melanjutkan upaya penanggulangan situasi krisis ini, ketakutan pun merebak terhadap penyebaran kontaminasi radiasi nuklir terhadap indsutri hasil laut negeri ini.

Setelah penundaan pengapalan produk agriklutur Bayam yang berasal dari Fukushima karena meningkatnya level radiasi, sejumlah tes baru mendapatkan peningkatan level-level iodin dan cesiun radioaktif di perairan laut. Hal ini membuat pemerintah Jepang memerintahkan pemantauan produk pangan laut.

Berbagai sampel yang diambil di perairan di sekitar PLTN mendapatkan tingkat iodin radioaktf 131 atau 126,7 kali lebih tinggi dari batas keamanan yang diizinkan.

Akan tetapi, Yukio Edano, Ketua Sekretaris Kabinet menyatakan :"Tingkat radiasi yang lebih tinggi dari batas keamanan yang telah ditetapkan dan ditemukan di perairan laut, tetap aman bahkan jika anda meminum air laut selama satu tahun.

"Tentu saja, jika hal ini terus berlanjut dalam jangka waktu yang panjang, beberapa efek akan terlihat, sehingga kami telah menginstruksi kepada semua kementerian terkait untuk mengambil langkah-langkah pemantauan perairan laut." Industri pangan laut Jepang telah dihantam pukulan besar yang luar biasa akibat tsunami, dan diperkirakan berbagai pasokan sejumlah produk akan terhenti selama satu tahun.

Di pusat pasar ikan Tsukiji Tokyo, pasar ikan terbesar di dunia, trader Toshiharu Kagami menyatakan:"tsunami telah menyapu bersih industri peternakan kerang di Jepang Timur, dan juga menelan seluruh pekerjanya."


Tokyo Tsukiji fish market tuna auction, Tokyo, Japan- travelpod.com
Tsukiji menampung 544.000 ton produk laut pada 2009 lalu, tetapi akibat tsunami maka berbagai hasil laut andalan dari provinsi-provinsi timur laut Jepang, kini tidak ada sama sekali. Seorang pejabat menyatakan pembeli berkurang hingga 70 persen dari biasanya.


Seorang trader, Eiichi Heima, 66 tahun, berujar :"Beberapa orang meminta ikan yang tidak berasal dari utara atas Jepang, karena PLTN." Ekonomi Jepang kini dalam problem pelik dan tiga perusahaan utama ; Sony, Toyota dan Honda telah mengumumkan penundaan produksi di pabrik-pabriknya si Jepang karena ketiadaan pasokan bagian-bagian kendaraan sebagai akibat hancurnya pabirik-pabrik di utara Jepang.

Sementara para perampok pun mengeksploitasi kekacauan pasca gempa dan tsunami dengan mencuri uang sebesar 40 juta Yen dari sebuah penyimpanan bank. Tsunami pun menyapu bersih Shinkin Bank bersama-sama dengan hancurnya kota Kensennuma, yang merontokan berbagai mekanisme keamanan dan membuat semua deposit dalam keadaan terbuka.

Di Fukushima, seorang pejabat puncak Tecpo (pengelola PLTN) telah mengunjungi tempat-tempat penampungan pengungsi untuk kali pertama dan telah meminta maaf kepada semua pengungsi.


Norio Tsuzumi, vice president of Tokyo Electric Power Co. (Tepco), far right, apologizes an evacuee at an evacuation center in Tamura of Fukushima Prefecture, Japan, Tuesday, March 22, 2011, following the March 11 earthquake, tsunami and the subsequent crisis at the Fukushima Dai-ichi nuclear complex. Public sentiment is such that Fukushima's governor Yuhei Sato rejected a meeting offered by the president of Tepco, the utility that runs the Fukushima nuclear plant. "Considering the anxiety, anger and exasperation being felt by people in Fukushima, there is just no way for me to accept their apology," said Gov. Sato on national broadcaster NHK. JAPAN OUT, MANDATORY CREDIT.
.daylife.com
woman and her dog are scanned for radiation at a temporary scanning center for residents living close to the quake-damaged Fukushima Dai-ichi nuclear power plant last Wednesday in Koriyama, Fukushima Prefecture, Japan.
thestreet.com
Norio Tsuzumi, wakil presiden Tepco, sambil membungkuk rendah dan berkata:"Saya meminta maaf sedalam-dalamnya kerena perusahaan telah mengakibatkan kecemasan dan gangguan terhadap seluruh penduduk yang berdiam di sekitar pembangkit, yang ada di perfektur dan bagi masyarakat yang berdiam di daerah-daerah lainnya.



"Sejak saya berupaya menangani permasalahan ini bahu-membahu dengan pihak pemerintah, kunjungan langsung yang saya lakukan ke sini juga sangat terlambat. Untuk ini saya juga meminta maaf dari lubuk hati saya yang terdalam." Tepco menyatakan perusahaan telah mencapai kemajuan yang terus berlanjut untuk memulihkan kembali pasokan listrik ke sistem-sistem pendingin di 6 reaktor PLTN.

Komisi Regulator Nuklir AS menyatakan reaktor-reaktor; no.1; no.2 dan no.3 semuanya dalam kondisi kerusakan pada inti-inti reaktor, tetapi semua mekanisme pembendungan atau penahanan radiasi masih bekerja baik.


Direktur Eksekutif, Bill Borchart, menyatakan:"Nampaknya berbagai hal yang diupayakan mendorong ke situasi yang lebih dekat ke tahap stabilisasi.Pada radius 12 mil dari PLTN terdeteksi tingkat radiasi yang mencapai 1.600 kali lebih tinggi, 12 mil adalah batas area evakuasi.

Walaupun radiasi itu dianggap tak berbahaya karena hanya terjadi dari satu kali ledakan, namun tetap membahayakan kesehatan bila terus berlangsung.Partikel-partikel radioaktif yang berasal dari PLTN Fukushima telah terdeteksi jatuh di Islandia dalam jumlah yang sangat kecil.

-telegraph.co.uk < 4:22PM GMT 22 Mar 2011> | Martin Simamora



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget