Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Senin, 21 Maret 2011

Jepang Akhirnya Akui Kebocoran Radiasi Cukup Serius Untuk Membunuh Manusia


  • Para pejabat mengakui bahwa bisa jadi mereka harus mengubur semua reaktor dengan beton-sebagaimana yang terjadi dengan Chernobyl
  • Pemerintah menyatakan kebocoran radiasi tersebut dikatakan berskala "twin disasters"
  • Pemerintah Jepang telah meningkatkan level kecelakaan reaktor dari level 4 menjadi level 5-atau setara dengan kecekakaan nuklir di Three Mile Island.
  • Kami akan membangu kembali dari awal, ujar Perdana Menteri Jepang
  • Partikel-partikel radio aktif yang berasal dari reruntuhan reaktor Fukhushima telah sampai di California
  • Truk-truk militer telah menggelontor semua reaktor dengan berton-ton air pada hari ke-2

Dangerous work: officials wearing protective clothing and respirators head towards the Fukushima nuclear plant

Bos perusahaan pembangkit listrik tenaga nuklir yang mengalami kehancuran itu akhirnya meneteskan air-seiring dengan pengakuan yang sangat ditunggu-tungu publik, oleh negaranya, bahwa radiasi yang terpancar dari reaktor-reaktor yang mengalami "over heating" dan batang-batang bahan bakar reaktor ternyata dapat membunuh sejumlah masyarakat.
Fire trucks converge in preparation to spray water at the Fukushima Dai-ichi nuclear plant, in Iwaki, Fukushima Prefecture, Japan Friday (Kyodo News/AP)


Badan Keamanan Industri dan Nuklir telah megakui bahwa bencana reaktor yang terjadi ada pada skala 5, yang diklasifikasikan sebagai krisis yang menyebabkan "sejumlah kematian karena radiasi", berdasarkan pada International Atomic Energy PBB.

Fukushima Radiation Levels



Para pejabat menyatakan bahwa tingkat kecelakaan telah dinaikan setelah mereka menyadari resiko radiasi yang sangat luas yang berasal dari reaktor tersebut. Mereka juga menyatakan bahwa 3 persen dari bahan bakar nuklir di semua reaktor di Pembangkit Listrik Fukushima telah mengalami kerusakan yang sangat parah, yang menunjukan bahwa inti nuklir  telah mengalami pelelehan secara parsial.


Getting worse: The International
Atomic Energy Agency
has upgraded the
disaster to a level five.
But French officials have previously claimed it is a six



"Dibelakang, kami dapat bergerak sedikit lebih cepat dalam menilai situasi dan mengkoordinasikan semua informasi dan menyediakannya lebih cepat."


Para pakar nuklir telah menyatakan selama berhari-hari bahwa Jepang meremehkan kedalaman krisis. Kini nampaknya krisis Jepang dapat disamakan dengan kecelakaan nuklir di Three Mile Island di Pennsylvania tahun 1979, namun kecelakaan nuklir di Fukshima belum dapat disetarakan dengan bencana nuklir Chernobyl yang hingga saat ini masih menjadi bencana nuklir paling dahsyat.

Boiled dry: This shot shows of the inside of reactor number four at the Fukushima nuclear plant before the disaster. The spent fuel storage pool is seen at the front of the shot. The rods are at the bottom of the pool, which has now boiled dry
(.dailymail.co.uk)

.financetwitter.com

Deputi Dirjen NISA, Hideoshiko Nishiyama, juga mengakui bahwa mereka tidak tahu apa apakah reaktor-reaktor tersebut masih dalam kendali atau tidak.
At the 40-year-old Fukushima plant built by General Electric, the spent fuel produced by reactors are actually stored at a pool about three stories up, next to the reactor. The fact that the roof of the building housing the pool has been blown off as seen from satellite photos raise concerns about release of radioactivity. This triggered controversy about the way spent fuel gets stored. If only Tokyo Electric Power Company (TEPCO) had heeded the growing scientific consensus and moved the spent fuel out of the storage pool into dry, hardened casks for storage, just like what Germany did 25 years ago, Japan won’t have to sweat about nuclear catastrophe today.
Tablets: Potassium iodide stops the body from taking in radioactive iodine from a nuclear emergency and can be purchased in America without a prescription (dailymail.co.uk)

Tetapi Perdana Menteri Naoto Kan menegaskan bahwa negerinya akan mampu mengatasi bencana ini.


THREE MILE ISLAND NUCLEAR ACCIDENT



"Kita akan membangun Jepang kembali dari awal,' ujarnya dalam pidato yang disiarkan televisi :"Dalam sejarah kita,negara pulau kecil ini telah berhasil membuat pertumbuhan ekonomi yang ajaib berkat segenap upaya rakyat Jepang. Begitulah cara Jepang dibangun.'


Exposed: A gaping hole is seen in the building of reactor number four at Fukushima plant in Japan. The green crane, circled, is normally used to move spent fuel rods into a 45ft storage pond, just out of shot. But the pool has now boiled dry  (dailymail.co.uk)


Situasi diketahui menjadi lebih berbahaya dari asumsi awal setelah rangkaian gambar yang memperlihatkan batang-batang bahan nuklir terkelupas hingga ke bagian elemennya, terlihat melalui sebuah lubang besar pada dinding bangunan sebuah reaktor di PLTN Fukushima.

Overwhelmed: Akio Komiri, director of plant owners
Tokyo Electric Power Company
cries as he leaves a press conference today


Setelah Managing Director Tokyo Electric Power Company, Akio Komiri meninggalkan press conference sambil iiringi isak tangis, seorang pejabat senor kementerian Jepang mengakui bahwa Jepang diliputi krisis ganda ; krisis tsunami dan krisis nuklir.


Pejabat itu juga mengakui, seharusnya para pejabat menyadari sedini mungkin, betapa seriusnya kebocoran radiasi yang telah terjadi.



Yukio Edano, Chief Cabinet Secretary berujar: "Skala gempa bumi dan tsunami yang dalam skala tak terduga menghantam Jepang, sejujurnya dikatakan, adalah salah satu hal dari banyak hal yang tak terantisipasi dalam rencana-rencana manajemen kontijensi bencana.
















-.dailymail.co.uk | Martin Simamora

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget