Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Jumat, 18 Maret 2011

Reaktor Fukushima Daiichi Menuju Tragedi Chernobyl II?

A satellite image shows the destruction at the Fukushima nuclear plant.
(smh.com.au)
Pada 1986, insiden Chernobyl di Ukraina, telah menjadi standar kengerian, dimulaidengan pernyataan pihak Soviet yang menyatakan bahwa TAK ADA MASALAH yang terus-menerus dinyatakan selama berhari-hari setelah meledaknya reaktor.
pyradyne.com
28 April 1986, semua kita mulai menyadarinya. Di Swedia- di seluruh pelosok negeri itu, seluruh pekerja Nuklir telah selesai menjalani pemindaian hariannya dan diketahui ada radiasi pada pakaian mereka. Itu satu-satunya tanda yang menyatakan bahwa ada sesuatu di udara dan asalnya bukan dari Swedia!


Pihak Swedia akhirnya mengetahui melalui pemantauan Satelit dan tampilan citra satelit bahwa radiasi nuklir berasal dari sebuah lokasi berjarak 600 mil jauhnya, yang ditandai sebagai zona merah yaitu reaktor-reaktor di Chernobyl.


Dari status bencana nuklir yang sebelumnya dianggap "lokal", seketika dalam gerak yang dramatis berubah menjadi SITUASI DARURAT GLOBAL. Seluruh pemberitaan dunia menayangkan peta-peta yang menampilkan pergerakan awan-awan yang tak terlihat mengandung RADIOKTIF SANGAT TINGGI. Semua orang segera melakukan kalkulasi pergerakan angin, radiasi juga ditemukan di semua produk susu anak di Eropa. Dan Pemerintah Austria kala itu melakukan pemindaian semua penumpang yang mungkin terbang melalui awan yang mengandung radiasi.

Di Polandia, pemerintah memberikan Iodin kepada anak-anak, dan di Jepang, pemerintah menjalankan serangkaian pengujian untuk mengetahui apakah awan radiasi telah mencapai Pasifik.

Akhirnya setelah 3 hari, Pemerintah Soviet mengakui adanya fakta bahwa telah terjadi kebakaran, dan pemerintah kala itu, akhirnya dalam momen yang sangat terlambat baru mulai melakukan evakuasi penduduk yang berdiam di sekitar reaktor Chernobyl.

Sebelumnya pemerintah bersikukuh bahwa api telah berhasil dipadamkan.Padahal, api tak pernah bisa dipadamkan, dan selama berhari-hari reaktor terbakar. Kematian pun dengan cepat melanda petugas pemadam kebakaran dan staf reaktor yang bertahan di reaktor dan para penyelam yang berenang di kolam-kolam radioaktif untuk bisa menjangkau katup-katup kritikal.

Demikian juga dengan para pilot helikopter juga mengalami sakit setelah mereka  mengangkut air dan semen untuk memadamkan kekacauan dari udara. Apakah mereka telah  melakukan pengorbanan ataukah mereka dikorbankan, bahaya yang lebih besar dan buruk telah siap melanda ke seluruh masyarakat.


Saat itu, dikabarkan ribuan anak-anak yang tinggal di kawasan reaktor mengalami  penyakit pada thyroid, dan kota terdekat dengan Chernobyl, telah dikosongkan pada 1986, dan tetap dikosongkan hingga kini!

Jenis radiasi yang melanda daerah sekitar Reaktor Chernobyl baru akan turun setelah  300 tahun!

FAKTA SEKITAR CHERNOBYL

Photo of the control board at Chernobyl…before the disaster--machetemag.com
  • Ruang kendali
    Tingkat radiasi terburuk melanda di hampir seluruh bangunan reaktor, dan radiasi jenis ini dapat dengan mudah membunuh siapapun yang terpapar. TETAPI karena pembacaan alat ukur yang tak akurat, pimpinan kru reaktor Alexander AKimov mengasumsikan bahwa kondisi reator masih berfungsi dengan baik. Pemimpin reaktor ini beserta kru memutuskan untuk tetap tinggal di dalam gedung reaktor hingga pagi, dan terus berupaya memompakan air ke dalam reaktor. Tak satupun yang menggunakan perangkat pengaman.


Hampir semuanya termasuk Akimov, akhirnya meninggal dunia dalam waktu 3 minggu setelah terpapar radiasi.

  • Pemadam Kebakaran Chernobyl

Segera setelah kecelakaan reaktor, pasukan-pasukan pemadam kebakaran tiba dan berupaya memadamkan api. Armada pertama yang tiba di lokasi adalah CHERNOBYL POWER STATION FIREFIGHTER BRIGADE, yang dikomandoi oleh VOLODYMYR PRAVIK. Mereka tak diberitahu betapa bahayanya radioaktif yang ada pada asap dan puing-puing.

Graphite is a solid form of the element carbon that is used in nuclear
(scotland.gov.uk)
Salah satu anggota pemadam kebakaran, GRIGORII KHMEL, kemudian menggambarkan peristiwa yang dialaminya sebagai berikut:

"Kami tiba di lokasi pukul dua lewat 10 atau 15 menit pagi...Kami melihat graphite yang bertebaran dimana-mana, Misha lalu bertanya:"Apa Graphite itu?" Saya lalu menendang jauh graphite itu. Tetapi kemudian salah satu petugas pemadam kebakaran memungut graphite itu."Benda ini panas," ujarnya, Kepingan-kepingan graphite itu beragam ukurannya, beberapa berukuran besar, beberapa lagi berukuran kecil sehingga bisa dipungut...Kami tidak memiliki pengetahuan yang memadai untuk dapat memahami apa itu radiasi.

Bahkan mereka yang bekerja di reaktor pun tak tahu apa itu radiasi. Tak ada lagi air tersisa di dalam truk-truk pemadam. Miha lalu mengingi penampung dan kami mengarahkan air ke bagian atap bangunan. Kemudian anak-anak-yang akhirnya mati-memanjat ke atap-diantaranya Vashchik Kolya dan teman-temannya, dan Volodya Pravik...mereka menaiki tangga...dan saya tak pernah melihat mereka kembali.

Akan tetapi, Anatoly Zakharov, seorang pemadam kebakaran, yang ditempatkan di  Chernobyl sejak 1980, memberikan penjelasan yang berbeda :

" Saya ingat guyonan teman-teman,"Pasti ada radiasi dalam jumlah yang luar biasa
disini, kita beruntung bila kita masih hidup pagi ini."
Dua puluh tahun setelah peristiwa ini, Anatoli mengklaim bahwa armada pemadam
kebakaran Fire Station 2 telah menyadari resiko yang akan dihadapi.
"Tentu kami tahu! Jika kamu mengikuti peraturan yang ditetapkan tentu kami tak akan
sedekat itu dengan reaktor, tetapi ini soal kewajiban moral-kewajiban kami. Kami
seperti sedang melakukan Kamikaze.


Prioritas yang harus segera dilakukan adalah memadamkan api di atap dan di area sekitar bangunan dmana berlokasi reaktor nomor 4, dan berupaya melindungi reaktor no.3. Upaya pemadaman dilakukan dengan kombinasi melalui upaya manusia di atap dan helikopter-helikopter yang menjatuhkan lebih dari 5,000 metrik ton pasir, timbal, tanah liat dan boron ke reaktor yang terbakar, ditambah dengan menginjeksi nitrogen cair. Saat itu dapat dipadamkan, dan banyak petugas pemadam kebakaran yang menerima paparan radioaktif dalam dosis tinggi.


Sinemas Ukraina, Vladimir Shevchenko berhasil merekam kejadian dramatis kala sebuah helikopter Mi-8 jatuh karena menabrak konstruksi Crane sehingga heli jatuh dan menewaskan seluruh penumpangnya.

LIKUIDATOR (Para Pembersih Radiasi Chernobyl) :

Part of the 60000 "liquidators" sent in to clean up the radioactive debris
news.kievukraine.info

Diperkirakan antara 600.000 hingga satu juta orang yang berpartisipasi dalam pembersihan puing-puing Chernobyl yang dilakukan antara tahun 1986 hingga 1992. Tetapi tetap ada sejumlah kesenjangan dalam catatan-catatan yang ada.



Chernobyl Liquidators - kingwoodunderground.com

  •  Mengacu pada sbuah studi yang dilakukan oleh Belarussian physicians, angka pengidap kanker yang terjadi pada para Likuidator mencapai 4 kali lebih besar daraipada angka pada populasi umumnya.
Facts About Chernobyl Radioactive Disaster
  • Pada April 1994, tercatat dalam teks pada tugu di Kedutaan Ukraina di Belgia, ada25.000 orang Ukraina-Likuidator- yang meninggal sejak tahun 1986.
  • Mengacu pada Georgy Lepnin, seorang dokter Belarussia yang pernah bekerja di reaktor no.4, "Diperkirakan 100,000 likuidator telah meninggal dunia hingga kini".
  • Mengacu pada Vyacheslav Grishin dari Chernobyl Union, organisasi induk bagi para|Likuidator,"25000 likuidator asal Rusia meninggal dan 70.000 mengalami cacat, hal yang sama juga terjadi pada Likuidator asal Ukraina, dan 10.000 likuidator meninggal di Belarus dan 25.000 mengalami cacat, sehingga total ada 60,000 kematian (10% dari 600.000 likuidator) dan 165.000 mengalami cacat.





BENCANA NUKLIR JEPANG TIDAK AKAN SEBURUK CHERNOBYL


Japan grateful to hero workers
at nuclear plant The heroes
risking their life
okasimtoday.com
Dahsyatnya bencana nuklir Chernobyl terutama disebabkan oleh  ketakmawasan para pejabat reaktor dan karena tak memiliki fasilitas pembendungan atau penahan di sekeliling reaktor. Kala atap bangunan reaktor meledak maka reaktor yang terbakar langsung berhadapan dengan udara terbuka.


Reaktor-reaktor Jepang memiliki fasilitas-fasilitas pembendungan atau penahan, yang
memberikan harapan besar tak tersebarnya radiasi keluar sebagaimana peristiwa 1986.
ASALKAN SAJA SEMUA FASILITAS PENAHAN DI REAKTOR FUKHUSIMA TETAP BERFUNGSI BAIK , MAKA BENCANA NUKLIR CHERNOBYL TETAPLAH YANG TERBURUK HINGGA KINI.
A child evacuated from areas surrounding the Fukushima nuclear facilities ...
nydailynews.com

Nampaknya bencana terburuk masih dapat diharapkan akan terhindari, walau dengan harap cemas.



-abcnews.go.com | CBC As It Happens | Martin Simamora

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget