Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Kamis, 16 September 2010

WeGO : Era Baru Open Government (1)

Grand Hyatt Seoul telah menjadi saksi penyelenggaraan The Inaugural General Assembly of the World e-Governments Organization of Cities and Local Governments (WeGO) yang diselenggarakan pada 7 September 2010 lalu. WeGO mendorong semua pemimpin pemerintahan kota-kota besar di seluruh dunia untuk berpacu dan bersiap untuk memulai sebuah era baru : Open Government.

Teknologi yang ada saat ini memampukan kita untuk menyingkapkan tirai yang menutupi operasional pemerintah dan memberikan suara kepada mereka yang selama ini dibungkam oleh lapis-lapis birokrasi.

Open Governments mendukung berbagi informasi yang selama ini menjadi kepedulian seluruh masyarakat di seluruh dunia dan satu-satunya yang dapat memperkuat demokrasi.

CIO Kota San Francisco, Departemen Teknologi Chris A. Vein dengan sempurna menyimpulkan betapa pentingnya pertemuan ini dengan menyatakan "Semua kota besar di dunia menghadapi berbagai problem yang sama, apakah anda ada di Amerika atau di Eropa atau di Asia. Dan saya pikir kita semua berupaya menemukan berbagai cara untuk menjadikan pemerintah bekerja dengan lebih baik. Artinya pemerintah menjadi lebih transparan, lebih kolaboratif, dan lebih akuntabel terhadap masyarakatnya. Teknologi adalah perangkat yang sangat efektif untuk mewujudkannya. Teknologi memiliki kekuatan transformatif yang luar biasa.

Seoul Mendorong pembentukan badan kerjasama e-Government
Pemerintah Kota Metropolitan Seoul telah memamparkan rancangan sebuah badan kerjasama internasional untuk memperkuat kerjasama antarkota dan pertukaran informasi e-Government. Walikota Frankfurt, Petra Roth berterimakasih kepada kota

Seoul dan Walikota Oh Se-hoon yang telah meletakan dasar pelaksanaan inisiatif ini. Roth menyatakan "Untuk semua proyek digital kami- saat ini dan yang akan datang- yang diperuntukan baik untuk komunitas besar dan lebih kecil, semua proyek tersebut membuat semua kehidupan kita menjadi lebih nyaman, lebih mudah, dan lebih bahagia. Inilah tujuan WeGO untuk mewujudkannya, dan tujuan seperti ini sungguh membuat saya sangat senang." jelasnya dilansir koreaittimes.com (14/9/2010).

(Martin Simamora)


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget