Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Kamis, 22 Juli 2010

Rutgers University : Web Portal E-Government Seoul Terbaik di Dunia

Sebuah survei global terhadap website kota-kota se-dunia telah menetapkan kota Seoul, Korea Selatan 
sebagai pemerintah kota dengan performa e-Government terbaik. Riset atau survei global ini dilakukan bersama oleh E-Governance Institute, School of Public Affairs and Administration - Rutgers University-Newark dan Global e-Policy e-Government Institut- Sungkyunkwan University (SKKU), Korea.

Survei mengevaluasi website-website pemerintah kota di seluruh dunia dengan penilaian pada :

  • Privasi 
  • Penggunaan
  • Isi
  • Layanan
  • Partisipasi Masyarakat
dan memeringkatkan kota-kota dalam skala global. Survei yang dilakukan tahun 2009 juga didukung oleh UN Division for Public Administration and Development Management  dan American Society for Public Administration. Hasil evaluasi dalam survei tersebut, dilansir rutgers.edu (13/7/2010) menempatkan kota-kota dibawah ini dalam 10 kota terbaik dalam e-Government :

 

  1. Seoul.............     84.7 
  2. Prague..........     72.84
  3. Hong Kong...     62.83
  4. New York......    61.10
  5. Singapore....      58.81
  6. Shanghai......      57.41
  7. Madrid...........   55.59
  8. Vienna...........    55.48
  9. Auckland.......    55.28
  10. Toronto.........    52.87


Seoul melanjutkan  keunggulannya dalam e-Government pemerintah kota, sebagaimana yang ditunjukan dalam survei-survei sebelumnya pada tahun ; 2003, 2005 dan 2007. Capaian istimewa ini dapat diraih oleh  Seoul dengan beragam implementasi e-Government yang inovatif.

Pemerintah Kota Seoul terus berupaya memberikan berbagai peluang kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses-proses di dalam pemerintah, termasuk dengan memberikan 



kesempatan-kesempatan yang tersitematis dan terorganisasi dengan baik kepada masyarakat untuk dapat mengajukan pemikiran-pemikiran dan saran dengan mengajukan  e-kebijakan (e-policies) melalui forum-forum kebijakan.

Forum-forum semacam ini  memampukan penyelenggara pemerintah dan pejabat-pejabat terpilih merespon masyarakat secara langsung ketika harus membuat berbagai kebijakan publik. Seoul dalam survei ini juga menduduki peringkat tertinggi untuk  kategori-kategori; privasi, isi dan layanan. 


(Martin Simamora)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget