Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Rabu, 21 Juli 2010

Waspada! Mesin Fotokopi Mampu Menyimpan Ribuan Data Rahasia Anda (Bagian 1)


Mesin fotokopi masa kini semakin memiliki unjuk kinerja yang canggih dan multi fungsi, namun kemajuan teknologi mesin fotokopi tak hanya memberikan kemudahan dan keleluasaan bekerja karena bisa jadi menjadi titik awal kebocoran data rahasia yang tak dikehendaki. Fakta ini diungkapkan oleh Bill Detwiller, Head Technology Editor TechRepublic.

Bill menyatakan, sangat tertarik dengan sebuah laporan investigasi yang diungkapkan oleh Chief Investigative Correspondent CBS News Armen Kateyian berjudul : "Digital Photocopiers Loaded with Secrets". Artikel ini juga dibubuhi tag line: " Your office copy machine might digitally store thousands of documents that get passed on at resale" (Mesin fotokopi anda sangat mungkin menyimpan ribuan dokumen digital yang dapat jatuh ke pihak lain saat dijual kembali).

Mata saya segera tertuju pada kata "might" (mungkin atau dapat saja), baiklah,apakah mesin-mesin fotokopi tersebut menyimpan informasi atau tidak?

Merujuk kepada video John Juntunen mengenai Digital Copier Security :

"Nearly every digital copier built since 2002 contains one of these, a hard drive. Like the one in your personal computer; it stores an image of every document scanned, copied, or emailed by the machine."

"Hampir setiap mesin fotokopi digital yang dibuat sejak tahun 2002 memiliki salah satu perangkat-perangkat ini, yaitu; sebuah hard drive seperti yang ada di dalam komputer personal, yang menyimpan sebuah citra dari setiap dokumen yang dipindai, dikopi atau yang di-email oleh mesin."


Multi-function peripherals (MFPs)

Saya bertanggungjawab atas beberapa jaringan MFP. Jadi, saya mulai melakukan pekerjaan rumah saya dan, tak perlu dikatakan lagi, hal ini jauh lebih sulit dari apa yang saya bayangkan untuk mampu memahami perihal ini. Kini waktunya untuk melibatkan para ahli. Saya memutuskan untuk memanggil Marco, perusahaan dimana kami menyewa MFPs, untuk melihat apakah saya dapat mempelajari apapun. Saya bicara dengan Dale Evens, veteran DS Service Manager Marco.


Evens menjelaskan bahwa merek-merek mesin MFPs yang mereka jual atau sewakan tidak menyimpan citra-citra secara otomatis atau by default. Evens menunjuk ke sebuah dokumen PDF Mesin Fotokopi Konica Minolta, yang digunakan oleh Kevin Kern, Sr VP Marketing Konica Minolta Business Solutions, USA untuk merespon hasil investigasi yang disampaikan oleh stasiun tv CBS News.

Dokumen PDF tersebut diantaranya menyatakan :

"A recent CBS News broadcast raised the issue of security of hard drive data in digital multifunction products. Konica Minolta would like to assure you that we are a leader in the area of MFP security. Our MFPs can ensure documents that are copied, scanned, faxed or otherwise transmitted do not remain stored on the hard drive or in DRAM memory as a standard feature".


"Sebuah pemberitaan yang baru-baru ini disampaikan oleh CBS News telah membangkitkan isu keamanan data yang tersimpan di dalam hard drive data yang ada di semua produk mesin-mesin fotokopi berteknologi digital multifuctions. Konica Minolta ingin memberikan jaminan bahwa kami adalah pemimpin dalam bidang keamanan MFP. Semua produk MFPs kami dapat menjamin semua dokumen yang dikopi,dipindai,difaks atau dengan kata lain ditransmisikan tidak akan tersimpan pada hard drive atau memori DRAM, sebagai sebuah fitur standar."


Pada riset yang dilakukan,ditditenemukan beberapa merek produk mesin fotokopi MFP memberikan pernyataan yang serupa. Namun mereka masih menawarkan sebuah opsi: kit keamanan data yang disediakan dengan kemampuan-kemampuan sebagai berikut;

  • Mengacak (encrypt) semua data terlebih dahulu sebelum disimpan di DRAM
  • Mengacak semua data yang tersimpan di dalam hard drive
  • DRAM segera dibersihkan setelah melakukan proses fotokopi, pemindaian, dan pencetakan
  • Secara otomatis bekerja tanpa campur tangan pengguna
  • Memiliki kemampuan overwriting secara rutin untuk menjamin semua data yang telah dihapus tidak dapat dipulihkan kembali.

 ~bersambung~
(Martin Simamora | ZDNet Asia)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget