Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Senin, 25 Oktober 2010

EU : Komisi Eropa Mengumumkan Pendanaan Senilai Hampir €200 Juta Untuk Riset ICT

Komisi Eropa telah mengumumkan pendanaan yang besarnya mendekati €200 juta--bagian dari €780 juta untuk riset ICT-- untuk kesehatan dan untuk penduduk usia lanjut yang dianggarkan untuk tahun 2011. Pengumuman ini telah disampaikan pada 28 September 2010 dalam sebuah acara: ICT2010 for ICT Research and Innovation-"Digitally Driven".

Penduduk usia lanjut di Eropa saat ini mencapai lebih dari 60%, meningkat dua juta orang setiap tahunnya, ICT dipandang penting untuk menciptakan solusi-solusi yang sinambung dan untuk memaksimalisasi peluang-peluang pasar yang akan membantu mengurangi biaya-biaya terkait pemeliharaan kesehatan dan sosial.

Pendanaan baru ini menambah pendanaan sebelumnya sebesar €100 juta yang telah dialokasikan untuk "Future Internet Partnership" untuk memenuhi permintaan yang semakin meningkat terhadap aplikasi-aplikasi internet yang semakin inovatif yang menjadikan infrastruktur-infrastruktur kesehatan dan sistem-sistem lainnya.

Rangkaian pengumuman tersebut adalah bagian dari salah satu berbagai harapan terbesar dari proposal-proposal riset ICT yang dijalankan dalam kerangka Program-Program Kerangka Riset EU, yang akan menghasilkan pendanaan proyek sebesar €780 juta pada 2011.

Pandanaan € 780 juta untuk proposal (untuk 7 proposal yang disetujui) adalah bagian dari Kerja tahunan terbesar yang pernah ada untuk 7th Framework Programme for research (FP7).Untuk tahun 2011 dana sebesar hampir €1.2 miliar telah dianggarkan.

Dana tambahan tersebut selain untuk riset ICT terkait perawatan kesehatan dan penduduk usia lanjut juga akan membiayai riset internet masa depan, robotik, sistem-sistem cerdas dan tertanam, fotoponic, ICT untuk efisiensi energi dan area-area lainnya. Berdasarkan Digital Agenda for Europe (IP/10/581,MEMO/10/199 dan MEMO/10/200), Komisi Eropa berkomitmen untuk menjaga peningkatan anggaran sebesar 20% per tahun dalam R&D ICT tahunan setidaknya hingga 2013.

Vice Presiden Komisi untuk Digital Agenda, Neelie Kroes menuturkan:"Meningkatkan investasi sepenuhnya untuk riset ICT sangatlah krusial bagi masa depan kita, EU mendukung para peneliti kita yang berkelas dunia yang hari ini menyatakan bahwa mereka harus didukung dengan invetasi-investasi baru yang substansial. Riset ini akan membantu industri Eropa untuk memperkuat daya saingnya.

Berbagai universitas, pusat-pusat riset, berbagai usaha kecil menengah, perusahaan-perusahaan besar dan berbagai organisasi di Eropa dan lain-lainya diperbolehkan untuk mengajukan pendanaan proyek melalui FP7. Proposal-proposal dapat diajukan hingga 18 Januari 2011, dan kemudian akan dievaluasi oleh panel-panel independen yang beranggotakan para pakar untuk diseleksi berdasarkan kualitasnya.

(epractice.eu | Martin Simamora)


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget