Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 27 Juli 2010

India Fasilitasi Pelajar Untuk Memiliki Laptop Linux

Pemerintah India memiliki rencana besar dan strategis dalam pembangunan sumber daya manusia,dengan memfasilitasi kepemilikan laptop dengan sistem operasi Linux. Ini adalah cara India memberikan komputasi berbiaya murah bagi semua pelajar India. Harganya diperkirakan hanya sebesar $35.

Prototipe laptop telah diperlihatkan oleh Menteri Pembangunan Sumber Daya Manusia India, Kapil Sibal yang menyatakan laptop yang berwujud tablet akan dapt dimiliki oleh anak-anak sekolah dan siswa dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Peramgkat berbasis Open Source Software Linux memiliki fitur-fitur antara lain; layar sentuh, PDF reader, wi-fi, memori 2 Gigabita, USB, Open Office, dan content viewers & interfaces. Laptop ini tidak memiliki hard drive, tetapi akan dilengkapi, sebagai opsi, dengan panel surya sehingga dapat digunakan di tempat-tempat yang sangat lemah ketersediaan listriknya.

Perangkat ini dikembangkan oleh lembaga pendidikan prestisius di India yaitu : Indian Institute of Technology di Delhi dan Indian Institute of Science di Bengalooru. Pihak pemerintah dilansir dari itp.net (25/7/2010) menyatkan bahwa laptop ini dapat dimiliki oleh siswa-siswa di pendidikan tingkat lanjut pada 2011. Sibal menyatakan tujuan akhirnya adalah menurunkan harga perangkat tersebut hingga hanya $10.

"Kami telah mencapai tahap pengembangan saat ini, motherboard, chip, prosesor, konektivitas, semuanya berharga sekitar $35, termasuk memori, display, dan semuanya," jelasnya.

Namun ada banyak kritik yang melingkupi proyek ini menyangkut feasibility proyek, dan informasi yang menyatakan bahwa biaya material pembuatan perangkat prototipe mencapai $47, dan target $35 akan sangat bergantung pada diskon besar yang diberikan untuk pembelian-pembelian dalam jumlah besar.

Pemerintah India juga masih harus mencari perusahaan untuk membuat perangkat tersebut, dan sebelumnya pemerintah telah mengumumkan inisiatif serupa tahun lalu ; proyek laptop $10 namun mengalami kegagalan saat menindaklanjuti prototipenya.

(Martin Simamora)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget