Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Kamis, 12 Mei 2011

Wakil Ketua MPR: Perayaan HUT Israel Tidak Bisa Ditolerir

Baru ide, tapi sudah banjir kritik. Itulah rencana perayaan HUT Kemerdekaan Israel yang digagas Unggun Dahana. Bagi Wakil Ketua MPR Hajrianto Tohari, acara itu sebaiknya tidak dilakukan selama Israel belum memberikan kemerdekaan kepada bangsa Palestina.

"Menurut hemat saya, kita tidak bisa mentolerir peringatan Hari Kemerdekaan Israel selama pemerintahan Israel belum memberikan kemerdekaan kepada bangsa Palestina," kata Hajrianto usai mengunjungi mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, di Jalan Purwakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2011).

Dikatakan dia, hal tersebut seharusnya memperhatikan dari aspek politik internasional Indonesia bahwa sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alenia pertama menyebutkan, sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa.

"Kita lihat Israel itu menjajah Palestina itu sebuah fakta dan kenyataan politik yang tidak bisa diingkari," ujarnya.

Menurut dia, MPR sangat sependapat dengan pemerintah yang belum membuka hubungan diplomatik dengan Israel karena Israel masih dalam posisi bertentangan dengan pembukaan UUD 1945 yang dijunjung tinggi.

"Untuk itu maka sebaiknya peringatan itu tidak dilakukan," kata Hajrianto yang mengenakan kemeja lengan panjang warna hijau ini.

Polisi seharusnya bagaimana? "Itu terserah aparat. Saya kira mereka sudah bisa menafsirkan pembukaan UUD 1945," jawab Hajrianto.

Unggun Dahana menggagas acara perayaan kemerdekaan Israel pada hari Sabtu 14 Mei di sebuah lapangan di Jakarta yang masih dirahasiakan. Konsultan migas yang mengaku lulusan ITS ini berharap Indonesia menjalin persahabatan dengan Israel.

Polisi Belum Terima Pemberitahuan Rencana Perayaan HUT Israel

Polisi belum mau mengomentari soal rencana peringatan HUT Kemerdekaan Israel di Jakarta. Sampai dengan saat ini Polda Metro belum ada rencana pemberitahuan dari pihak penyelenggaranya.

"Kami belum menerima pemberitahuan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Baharudin Jafar kepada wartawan di kantornya, Jl Gatot Subroto, Jakarta, KAmis (12/5/2011).

Bagaimana jika kelak ada pemberitahuan resmi perihal acara itu? Akankah polisi akan memberi izin?

"Kami tidak akan menanggapi sebelum menerima surat pemberitahuannya," jawab Baharudin.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Unggun Dahana yang berharap Indonesia menjalin persahabatan dengan Israel berencana menggelar perayaan HUT Israel di Jakarta. Acara tersebut akan digelar pada hari Sabtu 14 Mei di sebuah lapangan di Jakarta yang masih dirahasiakan.

detik.com

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget