Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 31 Agustus 2010

Dubai eGovernment Gunakan Komputasi Awan Untuk Perkuat Jaringan Informasi Pemerintah


Departemen Manajemen Infrastruktur Dubai eGovernment telah merampungkan upgrade Government Information Network (GIN) sebagai bagian pelaksanaan komitmennya untuk memfasilitasi eTransformation semua emir dan membangun akses yang lebih cepat dan mudah.

GIN berperan sebagai fundamen utama infrastruktur elektronik yang menghubungkan sistem-sistem pemerintah yang mentransfer informasi dengan mengelola transaksi-transaksi dengan efektif.

"Untuk meningkatkan kapabilitas GIN, kami menggunakan teknologi komputasi awan yang paling maju untuk menghubungkan baik departemen-departemen yang ada di pemerintahan daerah dan klien-klien umum. Penggunaan teknologi komputasi awan mampu meningkatkan kapasitas jalur-jalur network utama hingga 300% sehingga dapat memenuhi permitaan eServices yang meningkat. Mengadopsi teknologi-teknologi maju yang sesuai dengan standar-standar internasional tertinggi dan mengakomodasi kapabilitas-kapabilitas lainnya yang diperlukan sehubungan dengan pengoperasian layanan-layanan baru di departemen-departemen lokal untuk melayani kebutuhan semua segmen di masa mendatang.

Penerapan teknologi komputasi awan juga mampu melejitkan kecepatan pertukaran informasi hingga 200%, ujar Ahmed Bin Humaidan, Direktur Jenderal Dubai eGovernment. "Dubai eGovernment dalam pelaksanaannya tak perlu melakukan upaya yang terlalu keras dalam menerapkan berbagai teknologi termaju di dunia, kompone-komponen elektronik dan infrastruktur sehingga mudah bagi departemen-departemen pemerintah untuk menghadirkan eServices yang aman dan berkualitas tinggi bagi publik serta menjadikan departemen-departemn tersebut memiliki kinerja terbaik di bidangnya masing-masing.

Keputusan kami untuk mengadopsi sistem-sistem shared services didasarkan pada penghematan biaya, fleksibiltas dan efisiensi operasional yang mungkin diwujudkan oleh struktur-struktur tersebut, yang memang sejalan dengan tren umum yang mengemuka saat ini dan dipengaruhi oleh kondisi-kondisi global ekonomi, ujar Bin Humaidan dilansir ameinfo (24/8/2010).

Matar Al Humairi, Direktur Departemen Manajemen Infrastruktur, Dubai eGovernment berkomentar, " Rangkaian upgrade yang dilakukan secara signifikan memperbaiki konektivitas dan memampukan hadirnya layanan dengan efisiensi yang tinggi pada kerja departemen selama 24 jam per hari. Upgrade yang dijalankan mendukung berbagai kebutuhan informasi departemen yang selaras dengan visi untuk menyediakan One-Stop-Shop bagi transaksi-transaksi klien dan mencakup fitur-fitur keamanan level tinggi untuk menangkal penyusupan-penyusupan ekseternal dan interferensi."

"Serangakaian peningkatan yang telah dilakukan mencerminkan tahap kedua dari rencana-rencana yang sedang dijalankan oleh Dubai eGovernment pada 2009 lalu, untuk meng-upgrade jaringan-jaringan elektronik yang ada di 36 departemen pemerintah. Pelaksanaan fase ini pada dasarnya ditujukan untuk mencakup jalur-jalur jaringan utama namun pada akhirnya meluas hingga meliputi jalur-jalur yang dicadangkan. Upgrade terakhir yang tercapai meliputi 50% dari keseluruhan rencana," jelasnya.

Al Humairi menjelaskan bahwa peningkatan-peningkatan kinerja jaringan mampu meningkatkan kecepatan internet hingga 50% sehingga konektivitas dan komunikasi antardepartemen menjadi lebih tinggi. Selain itu membuat departemen-departemen memiliki akses ke teknologi-teknologi maju dan membantu upaya pengurangan biaya-biaya operasional secara substansial.

Departemen Manajemen Infrastruktur yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan implementasi GIN Upgrades, adalah salah satu dari 3 seksi yang ada di Dubai eGovernment yang juga meliputi eServices and Government Resource Planning (GRP).

Beberapa tahun belakangan ini Dubai eGovernment telah membangun sebuah jaringan informasi pemerintah yang terintegarsi, aman, efektif dalam biaya dan memiliki keandalan yang tinggi untuk menopang infrastruktur elektronik Dubai.

(Martin Simamora)


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget