Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Kamis, 17 Oktober 2013

"Shut down" Berakhir, Pemerintah AS Punya Anggaran Hingga 15 Januari 2014

Oleh Martin Simamora


"Shut down" Berakhir, Pemerintah AS  Punya Anggaran Hingga 15 Januari 2014







Setelah 16 hari  shutting down   dilakukan pada pemerintah Amerika Serikat dan  membawa bangsa ini menuju  ambang gagal bayar hutang/default,  kongres yang menahan anggaran telah melakukan pemungutan suara pada penghujung  Rabu untuk membuka kembali badan-badan federal,  memanggil  ratusan ribu pegawai negeri sipil untuk kembali bekerja  dan menaikan  limit atau ambang batas atas utang $16.7 triliun.


Sebuah kesepakatan diusung oleh Pemimpin Senat Mayoritas, Harry M. Reid( Demokrat- Nevada), dan Pemimpin Senat Minoritas Mitch McConnel (Republik- Kentucky) telah menyudahi sebuah  jalan buntu yang telah terbangun bulan lalu, ketika para konservatif garis keras mendesak para pemimpin GOP (Grand Old Party, ini istilah bagi Republikan) menggunakan ancaman shutdown untuk menjegal  sebuah ekspansi  sangat penting  jaminan kesehatan yang didanai oleh pemerintah  federal, demikian diberitakan laman washingtonpost.com




Namun, Kampanye ini segera  membahayakan dukungan popular bagi  Partai Republik . Jelang penghujung Rabu, lusinan  legislator GOP yang  cemas telah bersiap untuk memberikan  Presiden  Obama hampir persis sama dengan apa yang dia telah mintakan  pada bulan-bulan lalu: sebuah  rancangan undang-undang untuk mendanai pemerintah dan  meningkatkan kuasa peminjaman Departemen Keuangan tanpa ada  tuntutan khusus.


Kami telah terkurung dalam sebuah pertarungan di sini, berupaya untuk mengecilkan ukuran pemerintah, melakukan upaya  kami yang terbaik untuk menghentikan Obamacare,”  ujar Jubir Parlemen John A.Boehner ( Republik- Ohio) kepada sebuah stasiun  radio Cincinati. “Kami telah melakukan pertarungan yang baik. Kami hanya belum menang.”


Senat  secara menyeluruh telah meratifikasi  kesepakatan  pada  Rabu malam, dengan suara 81 melawan 18, dengan lebih dari setengah Senat Republik memilih Yes.


Beberapa jam kemudian, Parlemen  selanjutnya memproses kesepakatan untuk diadaptasi, mengesahkan langkah-langkah yang akan diambil dengan hasil  voting 285 melawan 144. Delapan puluh tujuh Republikan telah bergabung  dengan sebuah kaukus united Demokratic  dalam menyetujui langkah tersebut, membolehkan Kongres untuk memenuhi sebuah tenggat waktu kritikal Departemen Keuangan dengan satu hari tersisa.


Obama telah menandatangani langkah tersebut menjadi hukum segera setelah tengah malam,  pembukaan kembali taman-taman  dan monumen-monumen diseluruh negeri, memulihkan layanan-layanan pemerintah dan mengembalikan para pegawai federal yang dirumahkan ke pekerjaannya, banyak dari mereka  ada di kawasan Washington.


“Para pegawai  diharapkan  untuk kembali  bekerja pada pagi hari,” ujar Sylvia Mathews Burwell. Direktur Anggaran Gedung Putih, dalam sebuah pernyataan.


Langkah tersebut juga menjamin para pekerja tersebut dibayarkan   saat mereka dirumahkan, bantuan banjir yang menghantam Colorado dan menyediakan dana ekstra bagi pemadaman api liar di Barat. Dan  langkah itu memberikan pada pemerintah Distrik, yang bergantung pada Kongres untuk menyetujui anggarannya, otoritas sepanjang tahun fiscal 2014.




Shut down Masih Mungkin Untuk Terulang Lagi



Implementasi  limit/batas  utang ditunda hingga 7 Februari 2014, mempersiapkan perbandingan lainnya atas utang nasional  pada waktu yang belum ditentukan  pada  Maret, demikian estimasi analis-analis independen. Meskipun badan-badan federal AS  telah didanai sampai 15 Januari 2014, setelah itu badan-badan itu mungkin akan di shut down kembali kecuali para legislator telah memecahkan sebuah persengketaan yang berlanjut atas pemotongan pengeluaran  otomatis yang mendalam, dikenal sebagai sequester.

Senate Budget Committee Chairman, Patty Murray ( Demokrat-Washington) harus melakukan  makan pagi Kamis pagi dengan  mitra parlemennya, Republikan Paul Ryan ( Republik-Wisconsin), untuk memulai sebuah putaran  pembicaraan-pembicaraan baru yang ditujukan pada menangkal krisis lain. Obama telah mengulangi sumpahnya untuk bekerja dengan  para pihak Republikan untuk  mengendalikan sebuah hutang nasional yang masih di level-level tinggi secara historis.



“Dengan  berakhirnya Shut down dan  komite-komite anggaran terbentuk, kita sekarang memiliki sebuah kesempatan untuk fokus pada sebuah  anggaran yang masuk akal  yang bertanggung jawab, anggaran yang adil, dan yang membantu  kerja keras orang-orang di seluruh negeri,” ujar Obama di Gedung Putih.


Beberapa  mengulurkan harapan bahwa pembicaraan-pembicaraan akan menghasilkan sebuah rencana ambisius untuk merombak total  undang-undang pajak atau restruktur program-program pension dan kesehatan federal, pendorong-pendorong terbesar untuk pinjaman masa mendatang. Tetapi telah ada tanda-tanda bahwa Republikan mungkin lebih condong untuk kompromis dan kuran setuju  untuk mengikuti apa    yang disebut Republikan Aaron Schock (Republik-Illinois) “the fringe elements”  GOP


Bersambung


Photos credit : Washington Post


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget