Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Senin, 08 Agustus 2011

Pemkab Bima Adakan Bimtek Operator KTP Elektronik

Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Rabu (3/8) mengadakan bimbingan teknis operator e – KTP (KTP elektronik) di hotel La Ila Kota Bima. Kegiatan ini dihadiri sejumlah kepala SKPD, Tim Kementerian Dalam Negeri RI, konsorsium serta calon operator KTP elektronik tingkat Kabupaten dan Kecamatan. Kegiatan yang akan berlangsung selama 2 hari, Rabu-Kamis (3-4 Agustus) ini diikuti 80 orang operator dari 18 kecamatan dan 25 peserta dari unsur operator Kabupaten.

Bupati Bima yang diwakili Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Drs. Sirajuddin Andi, MM mengatakan “administrasi kependudukan merupakan salah satu faktor penting dalam penyelenggaraan roda pemerintahan, namun hingga saat ini di beberapa negara termasuk Indonesia masih menghadapi kendala pengelolaan data kependudukan secara optimal. Oleh karena itu salah satu solusi dalam menghadapi kendala pengelolaan data tersebut diantaranya dengan diterapkanya penggunaan kartu identitas elektronik e– KTP) seperti yang telah banyak digunakan oleh negara Eropa, Timur tengah yaitu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Maroko.

sejalan dengan amanat Undang-Undang No 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dan pelaksanaan dari Peraturan Presiden No 35 Tahun 2010 maka penyelenggaraan Bintek ini sangat penting karena penerapan KTP elektronik merupakan penjabaran peraturan perundang-undangan tersebut. Dengan kondisi penduduk yang memiliki tingkat pendidikan yang beragam dan aktifitas seperti pertanian, perdagangan, perjalanan dan perkantoran dengan frekuensi penggunaan yang tinggi, keadaan ini memerlukan ketahanan fisik kartu dan komponennya dalam penggunaan yang sering dan dalam jangka waktu yang lama. Penerapan awal KTP berbasis NIK yang dilengkapi dengan sidik jari dan chip atau e-KTP merupakan langkah strategis menuju tertib administrasi kependudukan yang mengamanatkan adanya identitas tunggal bagi setiap penduduk dan terbangunnya basis data kependudukan yang lengkap dan akurat.

Kedepan Andi berharap kepada seluruh para peserta Bimtek ini agar dapat mengikuti kegiatan sosialisasi secara optimal agar pada saatnya nanti dapat melaksanakan dengan profesional tugas yang diemban sekaligus sebagai bekal berharga bagi para petugas pembuatan KTP elektronok baik ditingkat Kabupaten maupun pada 18 kecamatan yang ada.

Pemkab Bima

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget