Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Kamis, 28 Juli 2011

Bikin e-KTP Cuma 2 Menit, Hasilnya Tiga Minggu Kemudian

Kartu Tanda Penduduk elektronik. TEMPO/Tony Hartawan
Pembuatan Kartu Penduduk Elektronik (e-KTP) diujicobakan hari ini oleh Kementerian Dalam Negeri di daerah Jakarta. "Mulai hari ini, alat sudah didistribusikan ke berbagai daerah," ujar Irman, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri saat uji coba di Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat. Rabu, 27 Juli 2011.
Peralatan yang diberikan berupa dua perangkat komputer hp, kamera canon 1100 D, pemindai retina mata dan pemindai tanda tangan, serta serta pemindai sidik jari. Masing-masing kelurahan atau kecamatan mendapatkan dua set perangkat elektronik tersebut."Tahun ini akan didistrubusikan pada 197 kabupaten kota."

Dalam uji coba penggunaan perangkat Elektonik KTP tersebut, paling tidak waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 2 menit 11 detik untuk melayani satu orang warga."Kami hanya tinggal mencocokan datanya, dengan basis data yang sudah ada," katanya. "Agustus mendatang pembuatan kartu penduduk ini sudah bisa dilakukan."
Kementerian menargetkan dalam sehari paling tidak 300 orang dalam satu kelurahan atau kecamatan bisa dilayani pembuatannya. Pembuatan e- KTP inipun gratis tidak dipungut biaya."Kalau ada pungutan, silakan laporkan. Kami ada tim supervisi dan teknis yang disebar untuk mencegah gangguan."

Proyek e-KTP sendiri menelan biaya Rp 5,8 triliun yang ditargetkan bisa dirampungkan dalam dua tahun. Untuk tahun pertama ini, pencetakan e-KTP masih dilakukan di kantor pusat dan baru tiga minggu kemudian warga bisa mendapatkan KTP baru. "Diharapkan jaringan Internet sudah selesai akhir bulan ini."


TempoInteraktif.com

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget