Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Kamis, 09 Juni 2011

Server Rusak Pembuatan KTP Terhenti

Pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) di Kantor Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil (dukcapil) Kabupaten Beltim terhenti, lantaran terjadinya kerusakan pada LAN Card dari server jaringan aplikasi data kependudukan, yang menghubungkan ke perangkat komputer pelayanan pembuatan KTP.

Kerusakan total mulai terjadi sejak Rabu (08/06/2011) pagi, disaat pemohon mulai mendatangi kantor dinas dukcapil. Belum ada kepastian server akan berfungsi kembali, sehingga pelayanan pembuatan KTP berjalan normal seperti biasanya.

"Kami masih mengupayakan hal ini dengan menggunakan perangkat komputer biasa, untuk sementara menunggungga pergantian server yang baru. Untuk penggunaan komputer biasa, dalam mengantisipasi server yang rusak ini, kami masih menunggu jawaban dari pusat, untuk pengalihan perangkat pengganti server sementara ini," ungkap Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Beltim, Ernadi kepada bangkapos.com, Rabu (08/06/2011).

Ia mengatakan untuk penggantian server yang baru masih sedang diupayakan, mengingaat selama ini tidak ada cadangan untuk perangkat server. Hanya mengandalkan server bantuan dari pusat, yang saat ini mengalami kerusakan.

Bulan Juni Pemkab Bangka Terapkan E-KTP

Pemkab Bangka mulai Juni tahun 2011 ini akan menerapkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), Untuk penerapan sistem e-KTP ini. Pemkab Bangka sudah melakukan studi banding ke Yogjakarta sehingga bisa segera di terapkan di Kabupaten Bangka.





"Saya bersama dengan wakil bupati (Wakil Bupati Bangka Nurhidayat Rani), Pak Nasir (Asisten Tiga Setda Bangka Nasir Hasan--red) dan Kepala Dukcapil Syafran Hoyor. Kami sudah melihat prakteknya dan bulan depan sudah dilaksanakan," jelas Sekda Bangka H Tarmizi H Saat kepada Bangkapos.com, Senin (30/05/2011) di Gedung Wanita Sungailiat.

Ia mengatakan dengan adanya penerapan e -KTP ini masyarakat di Kabupaten Bangka hanya memiliki satu KTP sehingga tidak ada lagi KTP ganda.

"Siapapun termasuk wartawan hanya satu KTP, kalau tidak angkat kaki dari Kabupaten Bangka," kata Tarmizi.

Menurutnya pelaksanaan e-KTP ini sudah disiapkan Pemkab Bangka termasuk sumber daya manusia, peralatan hingga anggarannya dengan demikian tinggal pelaksanaannya.

"Kita tidak berani mengumumkan siap, kalau belum siap," tegas Tarmizi.

Bangka Pos


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget