Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Senin, 16 Mei 2011

Beri Subsidi, Harus Perkuat Single Identity Number

Menko Perekonomian Hatta Rajasa. Foto: Koran SI
Pemerintah sedang mengkaji pola terbaik untuk pemberian subsidi kepada masyarakat agar tepat sasaran. Salah satu caranya dengan memperkuat keberadaan Single Identity Number (SIN). Sehingga subsidi bisa diberikan dengan pola, satu nama satu alamat (by name by address).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pemberian subsidi baik listrik, energi ataupun subsidi untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) akan tetap diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Untuk itu, pemerintah telah menyusun road map pemberian subsidi hingga empat tahun ke depan.

Untuk membuat penyaluran subsidi BBM menjadi lebih mudah diberikan, harus ada satu transisi di mana diperlukan penguatan pada kartu tanda pengenal (KTP) dengan konsep SIN.

“Kalau SIN kita ada maka akan lebih gampang untuk menyalurkan subsidi kepada masyarakat yang membutuhkan,” katanya dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas I) Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PP Muhammadiyah di Surakarta, akhir pekan ini.

Targetnya, kata Hatta, sebenarnya sangat tergantung pada kesiapan SIN. Namun pemerintah sudah menegaskan pemberian subsidi tidak akan dihilangkan untuk masyarakat yang membutuhkan dan road map tersebut akan berjalan hingga 2014.

“Intinya itu, pemerintah akan terus memberikan subsidi kepada masyarakat, negara maju saja seperti Amerika saja tetap memberikan subsidi pada rakyatnya,” kata dia.

Okezone

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget