Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Senin, 21 Maret 2011

PERKEMBANGAN TERKINI KRISIS NUKLIR JEPANG

Berikut ini adalah kondisi terahir setelah gempa dan tsunami dahsyat yang menghantam Timur Laut Jepang dan melumpuhkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir, yang memunculkan resiko radiasi yang tak terkontrol.

  1. Laporan resmi menyatakan angka kematian akibat gempa dan tsunami mencapai 8.450 jiwa dan 12,931 jiwa hingga kini masih dinyatakan hilang. Sementara pihak kepolisian menyatakan lebih dari 15.000 jiwa dikhawatirkan tewas di Perfektur Miyagi.

  2. Badan atom dan energi internasioanal IAEA menyatakan telah tercapai kemajuan positif TETAPI secara keseluruhan situasinya MASIH TETAP SANGAT SERIUS.

  3. Badan keamanan nuklir Jepang menyatakan melihat adanya resiko debu radioaktif yang terhisap oleh para pekerja yang berada di PLTN Fukushima Daiichi, tetapi hingga kini belum ada tanda-tanda adanya korban akibat paparan debu radioaktif.

  4. Semua reaktor di Daiichi menunjukan perbaikan TETAPI SITUASI TETAP DALAM KETAKPASTIAN, ujar Tetsuro Fukuyama; Deputi Ketua Sekretaris Kabinet

  5. Badan Keamanan Nuklir menyatakan terjadi PENINGKATAN TEKANAN pada reaktor yang mengalami kerusakan terberat yaitu no. 3 dan para pekerja sedang mempertimbangkan apakah akan melepaskan tekanan dengan membuka ventilasi. Juga dikatakan, tak meyakini ada banyak air di reator no.3 dan no.4 yang merembes ke bawah tanah.

  6. Para insinyur telah berhasil memulihkan kabel-kabel listrik ke reaktor-reaktor nomor;1,5 dan 6, dan berencana mulai melakukan pengujian semua sistem. Pemulihan pasokan listrik telah berhasil dilakukan pada reaktor no.2.

  7. JIKA PARA INSINYUR TAK DAPAT MENDINGINKAN REAKTOR, MAKA PILIHAN TERAKHIR ADALAH MENGUBURKAN PLTN DENGAN BETON DAN PASIR UNTUK MENCEGAH KEBOCORAN RADIASI YANG DAHSYAT, METODA INI DIGUNAKAN PADA REAKTOR CHERNOBYL DI UKRAINA PADA 1986.



  8. Anggaran tambahan dalam jumlah besar dibutuhkan pada Juni mendatang untuk membantu rekonstruksi, jelas legislator senior dari partai berkuasa Jun Azumi.

  9. KEMENTERIAN KESEHATAN MENYATAKAN BAHWA TINGKAT RADIASI TELAH MELAMPAUI STANDAR KESEHATAN YANG DITETAPKAN DI FUKUSHIMA DAN DI SEKITAR PERFEKTUR IBARAKI. KEMENTERIAN TELAH MENYATAKAN PELARANGAN UNTUK MENJUAL PRODUK MENTAH SUSU DARI PERFEKTUR FUKUSHIMA.

  10. Kementerian kesehatan Jepang telah MENDESAK agar penduduk yang tinggal di sekitar PLTN tidak meminum air yang berasal dari keran setelah pemerintah MENDETEKSI ADANYA RADIOAKTIF IODINE LEVEL TINGGI, demikian dikabarkan Kyodo News Agency.

  11. Badan kesehatan PBB World Health Organization menyatakan bahwa TERDETEKSINYA RADIASI NUKLIR PADA MAKANAN ADALAH PROBLEM YANG LEBIH SERIUS daripada perkiraan awal dan KONTAMINASI MAKANAN jelas BUKAN MASALAH YANG BERSIFAT LOKAL. WHO menyatakan, belum ada bukti adanya makanan terkontaminasi dari Fukushima ditemukan di luar negeri.

  12. Hembusan  angin Barat Laut dan hujan diprakirakan akan terjadi di sekitar PLTN Daiichi dan pantai timur laut Jepang, ungkap Badan Cuaca pada Senin. Angin diduga secara bertahap berubah ke arah tenggara pada Selasa esok.

  13. Perekonomian Jepang dapat menyusut setalah gempa, tetapi pemerintah memiliki instrumen fiskal dan kredit untuk menangani  bencana kali ini yang diduga mengakibatkan kerugian dua kali lipat dari kerugian yang diakibatkan gempa Kobe 1995, demikian diungkap badan pemeringkat MOODY.

  14. Gempa dan Tsunami Jepang akan menekan pertumbuhan dengan kuat sebelum rekonstruksi di jalankan, dan akan menahan pertumbuhan ekonomi, demikian laporan WORLD BANK.

-reuters.com | Martin Simamora


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget