Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Jumat, 11 Maret 2011

Mobile Government Aset Penting Dalam Pengembangan Kualitas Layanan Pemerintah

"Mobility" atau Mobilitas kini bukan lagi sekedar revolusi teknologi. Tetapi lebih mengacu kepada bagaimana para pebisnis dan pemerintah dapat mengadakan infrastruktur sosial yang lebih baik melalui berbagai aplikasi dan layanan bergerak/mobile. Dengan demikian, mengadopsi Mobilitas adalah aset yang mutlak diperlukan sektor pemerintah untuk memenuhi berbagai tuntutan atau harapan masyarakat.

Sektor pemerintah, kini menghadapi tekanan baik dari kesuk sesan bisnis yang mengadopsi  mobilitas dan pertumbuhan masyarakat yang semakin lekat dengan teknologi mobilitas, sehingga jelas tak terelakan lagi untuk mengadopsi dan mendayagunakan berbagai teknologi bergerak/mobile ini, baik perangkat-perangkatnya dan aplikasi-aplikasinya. Dengan demikian, sejumlah target dan implementasi yang ditetapkan oleh pemerintah sedang digantikan, ditopang atau mengalami perubahan total berkat pengembangan lebih lanjut berbagai teknologi mobile untuk diaplikasikan di sektor pemerintah.

Mobility solutions for
government applications.
motorola.com

Sementara e-Government telah diakui sebagai sebuah langkah penting yang dilakukan oleh banyak pemerintah, keharusan adanya layanan-layanan melalui teknologi mobile telah menjadi kemutlakan saat ini.

Tuntutan masyarakat terhadap  mobilitas, efisiensi dan produktifitas di sektor pemerintah melalui mobilitas telah menggiring kearah yang alami dari eGovernment untu  menuju mGovernment (Mobile Government).

mGovernment muncul sebagai gelombang besar selanjutnya dalam proses pemanfaatan ICT di sektor Pemerintah. Evolusi ini menawarkan sebuah infrastruktur sosial yang nyaman bagi masyarakat, dimana perangkat-perangkat mobile/bergerak, kerap ditambahkan sebagai jalan keluar dan masuk bagi arus data yang ada di sekeliling kita.





Mobile Government sangat erat terkait dengan studi-studi perubahan-perubahan sosial dan teknologi dalam sektor pemerintah. Tetapi, Apa sesungguhnya mGovernment itu?. Kerap dikatakan bahwa mGovernment sesungguhnya hanya sekedar eGovernment yang menggunakan berbagai teknologi dan kanal-kanal baru. Akan tetapi, mGovernment lebih dari sekedar hal yang "alami" dan perluasana e-Government yang "tak terelakan" melalui teknologi-teknologi baru dan adanya berbagai kebutuhan baru dalam bisnis-bisnis baru sebagai akibat munculnya teknologi-teknologi tersebut. mGovernment juga merupakan area baru dan subur dalam riset dan prakteknya. Belum lama ini, mGovernment semakin mendapat perhatian besar dari sektor pemerintah, IT dan Telekomunikasi dan juga akademisi.



Namun demikian, mGovernment masih merupakan bidang studi yang sangat baru, kini ada beragam pandangan terhadap signifikansi upaya-upaya e-Government, dampaknya terhadap organisasi-organisasi sektor pemerintah, kerja dan para pegawai, dan terhadap masyarakat informasi.



mGovernment kerap dipandang hanyalah sebagai perluasan kanal-kanal eGovernment. Tetapi baik eGovernment dan mGovernment tidak satupun yang berkaitan dengan pengembangan teknologi terbaik untuk menghasilkan aplikasi-aplikasi dan layanan-layanan. Keduanya cenderung berhubungan dengan penciptaan sebuah "masyarakat yang  dapat mobile". Dalam masyarakat yang seperti ini, semua anggota masyarakat harus dapat mengadopsi aplikasi-aplikasi dan layanan-layanan tersebut dengan mudah.


Baik eGovernment dan mGovernment juga menciptakan "Organisasi-organisasi pemerintah yang responsif" yang mampu menyajikan layanan-layanan dan aplikasi-aplikasi tersebut secara efektif. Apapun posisi yang dipilihnya, terminologi mGovernment adalah sebuah konsep dalam menciptakan sebuah "identitas" bagi banyak mobilitas dan para profesional eGovernment dan berbagai upayanya di area ini.

Bagi banyak organisasi di sektor pemerintah, keunggulan-keunggulan eGovernment dan berbagai pengembangannya melalui teknologi dan layanan mobile kini mengalami laju dalam kecepatan yang mengesankan di seluruh dunia. Berbagai upaya pengembangan eGovernment bertujuan untuk memanfaatkan keunggulan penggunaan bentuk-bentuk teknologi informasi yang paling inovatif, terutama berbagai aplikasi berbasis web internet, sebagai upaya memperbaiki fungsi-fungsi fundamental pemerintah.

Fungsi-fungsi tersebut kini juga memberikan manfaat bagi berbagai pengembangan teknolog-teknologi terkini mobile dan wireless dan menciptakan sebuah arah baru dalam eGovernment.

(bersambung ke bagian 2)

-.mgovernment.org I Kushchu | Martin Simamora


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget