Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Jumat, 25 Maret 2011

JEPANG INVESTIGASI SUMBER KEBOCORAN RADIASI NUKLIR DI PLTN FUKUSHIMA DAIICHI

Add caption
Jepang kini sedang melakukan investigasi dalam upaya menemukan sumber kebocoran radiasi pada reaktor Fukushima Daiichi yang rusak berat akibat gempa dan tsunami, dan kini mengakibatkan dua pekerja dirawat di rumah sakit.




Operator PLTN menyatakan terdeteksi adanya level-level radiasi yang sangat berbahaya di airyang ada di salah satu reaktor, dan ini meningkatkan kemungkinan telah terjadi kerusikanpada inti reaktor.


Perdana Menteri Naoto Kan berujar bahwa situasinya "SANGAT TAK TERDUGA". Sudah dua minggu sejak gempa dan tsunami melanda Timur Laut Jepang. Jumlah kematian resmi kini telah melewati angka 10.000.

Fukushima Daiichi Aerial Video-
notanotherconspiracy.com





Lebih dari 17.440 orang dinyatakan hilang. Ratusan ribu orang kehilangan rumah, dan diperkirakan 250.000 orang kini tinggal di berbagai penampungan darurat. Makanan, air dan bahan bakar pun tersedia dalam jumlah yang terbatas.




Pemerintah Jepang sendiri telah memperkirakan biaya yang diperlukan untuk membangun kembali USD309 miliar.

LANGKAH-LANGKAH PENGAMANAN




Dalam sebuah pidato yang disampaikan melalaui televisi, PM Naoto Kan berujar:"Situasi saat ini masih sangat tak terduga.Kami terus bekerja untuk menghentikan situasi berubah menjadi lebih buruk. Kami harus melanjutkan usaha yang esktra keras.





Japan Self-Defense Force officers prepare
for a clean-up at a radiation
themalaysianinsider.com
Naoto Kan juga berterimakasih kepada para pekerja, pemadam kebakaran, dan Pasukan Bela Diri Jepang yang telah "meresikokan nyawanya" dalam upaya mendinginkan seluruh reaktor di PLTN Fukushima Daiichi.


Kepala Sekretaris Kabinet Yukio Edano sebelumnya telah menyatakan sedang dilakukan sebuah penyelidikan mendalam untuk mengetahui penyebab kebocoran radiasi di PLTN, setelah serangkaian tes dilakukan terlihat bahwa air yang ada di reaktor 3 memiliki tingkat radiasi 10.000 kali lebih besar dari level normal.






Badan Keamanan Nuklir Jepang telah menegaskan bahwa mereka yakin reaktor kemungkinan mengalami kerusakan tetapi tak ada kerusakan lebih lanjut, ungkap BBC di Tokyo. Badan Keamanan Nuklir Jepang juga membantah berita yang dikabarkan Kantor Berita Kyodo yang menyatakan kemungkinan inti reaktor telah pecah.




Dua pekerja yang terpapar radiasi, dan masih dirawat di rumah sakit, dikabarkan tidak menggunakan sepatu but pengaman yang seharusnya dan mengabaikan sirine peringatan radiasi di PLTN.


Koreksi telah dilakukan terhadap langkah-langkah pengamanan. Pemerintah telah meminta kepada masyarakat yang tinggal di zona 20-30 km (12-18 mil) dari PLTN untuk secara sukarela meninggalkan rumahnya. Hingga kini masyarakat yang ada didalam zona ini telah disarankan untuk tidak berada diluar rumah.





"Sangat diharapkan agar mereka secara sukarela melakukan evakuasi. Saya tak dapat menolak adanya kemungkinan pemerintah akan mengeluarkan Perintah Evakuasi di zona ini jika level radiasi meningkat lebih tinggi lagi," jelas Edano kala konferensi pers.




DEEP END: Spent fuel pool at a nuclear power plant. Image: COURTESY OF THE U.S.
DEPARTMENT OF ENERGY-.scientificamerican.com
Ratusan ribu penduduk didalam zona tersebut telah dievakuasi pada hari-hari gagalnya sistem pendingin reaktor akibat gempa dan tsunami.


Upaya untuk menghidupkan kembali sistem pendingin pada 6 reaktor masih terus dilakukan untuk mencegah melelehnya inti reaktor. Dalam perkembangan lainnya, 2 turis asal Jepang yang baru saja tiba di China dalam penerbangan dari Jepang kini sedang dirawat di rumah sakit akibat radiasi tingkat tinggi.





Masih belum diketahui pasti bagaimana kedua turis Jepang tersebut dapat terkontaminasi radiasi, apalagi keduanya dilaporkan tinggal di kawasan yang jaraknya 240km dari PLTN Fukushima Daiichi.



KETAKUTAN PANGAN MEREBAK


uk.news.yahoo.com
Jepang telah dilarang melakukan pengiriman berbagai produk pangan yang berasal dari beberapa perfektur yang berdekatan dengan lokasi PLTN.



Masyarakat di Perfektur Fukushima telah diberitahu untuk tidak mengkonsumsi 11 jenis sayur kerena khawatir kontaminasi.




Perdana Menteri Kan telah meminta maaf kepada para petani dan pengusaha agrikultural yang menderita dampak ini, dan menyatakan memahami "kerusakan besar" pada kehidupan mereka.



Importir produk-produk Jepang juga mendeteksi adanya level-level radiasi yang rendah pada beberapa produk pangan, akan tetapi kadar radiasinya tak membahayakan kesehatan.




Agri-Food and Veterinary Authority Singapura menyatakan telah menemukan kontaminasi dalam level rendah pada sejumlah produk asal Jepang asal Fukushima, Tochigi, Ibaraki, Ciba dan Ehime.

China, Singapura, Hong Kong, dan sejumlah importir Asia telah mengenakan larangan impor sejumlah produk sayur mayur, produk laut dan susu. Australia dan Uni Eropa, Amerika Serikat dan Rusia juga telah melakukan hal yang sama.



PLTN Fukushima Daiichi berjarak 250Km dari Tokyo. Iodin radioaktif telah terdeteksi di pusat air bersih Tokyo minggu ini dengan level yang terus menurun, tetapi di area-area lain di utara Jepang tetap memiliki level radiasi tinggi.



-bbc.co.uk 25 March 2011 Last updated at 11:15 GMT | Martin Simamora



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget